Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Profil Tiga Desa lolos seleksi dari Kota Malang

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Profil Tiga Desa lolos seleksi dari Kota Malang

Pengawalan Tiga Pilar Kelurahan Gadang dalam Kegiatan Sosial yang Dilaksanakan oleh Aremania Korwil Gadang--

HARIAN DISWAY - Proses penyeleksian Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 telah selesai dilaksanakan per-hari Selasa, 6 Agustus 2024. Sebanyak 190 peserta yang dikirim dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, telah di seleksi menjadi 114 desa/kelurahan. Dari tiap kota/kabupaten diambil tiga desa dengan sinergitas bhabinkamtibmas, babinsa, dan kepala desa/kelurahan terbaik di daerahnya.

Kelurahan Gadang, Kecamatan Klojen yang sebelumnya memang di gadang-gadang lolos seleksi dalam ajang bergengsi APJW II 2024 ternyata memang layak lolos seleksi. Gadang menjadi salah satu kelurahan yang lolos dari Kota Malang. Kelurahan yang dipimpin oleh Lurah M.Rusdi, Babinsa Serda Eka Jayadi, Bhabinkamtibmas Aiptu Danang Kristianto ini memberikan banyak representasi sinergitas tiga pilar yang cukup baik di daerahnya. 

Tiga pilar Kelurahan Gadang tak hanya aktif dalam mengawal bantuan pemerintah yang diberikan ke masyarakatnya agar tepat sasaran, namun juga cepat tanggap ketika ada laporan bencana di sekitarnya, seperti adanya pohon tumbang. Tidak hanya itu, kelurahan ini juga memiliki program desa seperti Urban Farming PKK yang ada di salah satu Rukun Warganya. Pelatihan Satlinmas juga ditegakkan di kelurahan ini, tiga pilarnya juga aktif mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh kelurahannya. Bukan hanya pengajian atau gotong royong pembersihan desa, namun juga acara ‘kegiatan sosial’ yang diadakan oleh suporter klub sepak bola Arema, yakni Aremania korwil Gadang.

BACA JUGA:Kelurahan Gadang Malang Kota Makin Mantap Melaju di APJW II 2024

Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru merupakan kelurahan kedua yang dinyatakan lolos oleh tim APJW II 2024 mewakili Kota Malang. Kelurahan yang dipimpin oleh Lurah Antonio Viera, Babinsa Serda Abdul Rohman, dan Sertu Tohari, serta Bhabinkamtibmas Aiptu Josafat Wicaksono juga tak kalah dari kelurahan lainnya dalam menonjolkan peran tiga pilarnya. 

Kelurahan Merjosari juga menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Satlinmas di daerahnya. Pembangunan desa juga tak luput dari pengawasan tiga pilarnya. Curhat Bhabinkamtibmas juga menjadi salah satu program yang ditegakkan di kelurahan ini guna memberikan ruang kepada masyarakatnya untuk mengemukakan keresahan atau pendapat agar kelurahannya menjadi lebih baik dalam segi keamanan maupun pengawalan sebuah kegiatan.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Kota Malang Gadang-Gadang Kelurahan Gadang


Pengawasan Wilayah Kelurahan Sawojajar pada Pasar Minggu yang Digelar di Taman Kota Velodrom--

Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, merupakan kelurahan terakhir yang ikut lolos dalam Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 wakil Kota Malang. Kelurahan yang dipimpin oleh Lurah Elzi Leonardo, Babinsa Peltu Nugroho, dan Bhabinkamtibmas Aiptu Ganief Eko Asianto memberikan representasi sebuah sinergitas tiga pilar yang baik dalam ajang ini.

Focus Group Discussion adalah salah satu program yang dilaksanakan guna menyadarkan masyarakat Kelurahan Sawojajar agar memiliki kepekaan lebih untuk menjaga daerahnya. Tiga pilar kelurahan ini banyak membaur ke masyarakatnya, seperti pengamanan yang dilakukan setiap hari Minggu di wilayah Hutan Kota Velodrom yang menggelar pasar minggu. Tidak hanya itu, tiga pilar juga menyokong kegiatan di daerahnya, seperti ikut andil dalam pengamanan kegiatan ‘bantengan’ yang diadakan oleh masyarakat kelurahannya.

Itulah segelintir program dan aspek sinergitas yang ditonjolkan oleh tiga kelurahan yang lolos dari Kota Malang.

*) Artikel ini ditulis oleh Elsa Amalia Kartika Putri, Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Mahasiswa Magang Regular Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: