Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : 3 Desa dari Kabupaten Sumenep Dengan Ragam Inovasi

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : 3 Desa dari Kabupaten Sumenep Dengan Ragam Inovasi

Kegiatan pembuatan dan pemasangan Gapura Celurit bersama 3 pilar di Desa Manding daya--

HARIAN DISWAY - Ajang Anugerah Patriot Jawi Wetan II 22024 telah melewati tahapan seleksi yang dimeriahkan oleh 38 kota/kabupaten se-jatim. Setiap kota/kabupaten telah mengirimkan 5 desa jagoannya untuk diseleksi kembali menjadi tiga desa. Masing masing desa memiliki kelebihan dan inovasi di bidangnya masing masing.

BACA JUGA:Prabowo Sebut Fungsi IKN Bisa Terlihat 3 Sampai 5 Tahun Lagi: Saya Bertekad Akan Lanjutkan

Datang dari Kabupaten Sumenep, inilah tiga desa yang lolos seleksi Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024. Desa pertama yang lolos seleksi dari Kabupaten sumenep adalah Desa Kolor. Desa Kolor berada di Kecamatan Kota Sumenep, Jawa timur. 

Tiga pilar Desa Kolor yang terdiri atas Novandri Prasetiawan sebagai Kepala Desa, Serma Sugeng Susanto sebagai Babinsa, dan Aipda Sulik sebagai Bhabinkamtibmas. Sinergi antara tiga pilar dan masyarakat yang diwujudkan dengan member edukasi kepada pemilik bengkel di Desa Kolor untuk tidak memasang knalpot brong, monitoring, dan memberi motivasi terhadap usaha masyarakat berupa pengolahan kotoran ternak sapi menjadi pupuk organik.

BACA JUGA:Prabowo Sebut Fungsi IKN Bisa Terlihat 3 Sampai 5 Tahun Lagi: Saya Bertekad Akan Lanjutkan

Desa kedua yang lolos seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Sumenep adalah Desa Kebunagung. Desa kebunagung terletak di Kecamatan Kota Sumenep. Tiga pilar desa yang terdiri atas Bustanul Affa sebagai kepala dea, Serma Chairul Handiansyah sebagai Babinsa, dan Brigpol Dani Damara sebagai Bhabinkamtibmas yang bersinergi dengan warga.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Inilah Profil Tiga Desa Kota Batu dengan Keindahan Alamnya

Kolaborasi tiga pilar dengan warga ditunjukkan dengan meninjau BUMDes yaitu Wisata Goa Jeruk dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat agar berdampak kepada masyarakat desa.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : 3 Desa dengan kekompakan 3 pilar dari Kabupaten Mojokerto

Beralih ke desa ketiga yang lolos seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Sumenep, Desa Manding Daya. Desa Manding Daya terletak di Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Sinergi 3 pilar Desa Manding Daya terdiri atas Ahmad Daini sebagai Kepala Desa, Serma Setyo Hari sebagai Babinsa, dan Aiptu Kufran Susanto sebagai Bhabinkamtibmas. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Profil Tiga Desa Kabupaten Tuban yang Telah Lolos Seleksi, Salah Satunya Pintar Olah Sampah

Desa Manding daya memiliki Badan Usaha Milik Desa Mitra usaha Jaya yaitu penggemukan sapi Pangaro Farm, selain itu Desa Manding daya juga memiliki inovasi pelayanan “Macopat” atau Masyarakat Cukup telpon. Dalam aspek budaya, Desa Manding Daya juga melakukan pelestarian budaya lokal berupa kesenian musik Tong Tong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: