Usai Cetak Rekor Baru, Terminal Petikemas Surabaya Pimpin Marketshare di Pelabuhan Perak

Usai Cetak Rekor Baru, Terminal Petikemas Surabaya Pimpin Marketshare di Pelabuhan Perak

Kegiatan bongkar muat di lapangan penumpukan Terminal Petikemas Surabaya (TPS). --TPS

HARIAN DISWAY - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) memecahkan rekor baru dengan adanya peningkatan arus peti kemas pada 2024. Selain itu, anak usaha PT Pelindo Grup ini juga berhasil meningkatkan kinerja bongkar muat.

Itu membuat mereka memimpin pangsa pasar (market share) di Pelabuhan Perak, Surabaya. Peningkatan arus peti kemas tersebut terjadi pada Januari-Juli, menembus angka 10,11 persen jika dibandingkan pada periode yang sama pada 2023.

Lebih detailnya, pada 2023, total arus peti kemas berjumlah 807.454 TEUs dan pada tahun ini meningkat menjadi 889.142 TEUs. Adapun TEUs atau Twenty-foot Equivalent Units sendiri adalah satuan ukur pada kontainer dalam industri pelabuhan dan pengiriman.

BACA JUGA: Kreatif! OJK Jatim dan Indah Kurnia Sisipkan Edukasi Pinjol di Karnaval HUT RI ke-79 Balasklumprik Surabaya

Peningkatan tersebut berasal dari total peti kemas internasional yang berjumlah 842.467 TEUs dan peti kemas domestik dengan jumlah 46.675 TEUs. Sedangkan pada tahun lalu, peti kemas internasional berada pada jumlah 774.870 TEUs.

Peti kemas domestik yang berjumlah 32.584 TEUs. Selain itu, pada tahun ini, arus peti kemas ekspor menyentuh angka 49 persen atau 409.632 TEUs dan impornya berjumlah 51 persen atau 432.835 TEUs.

Sedangkan pada 2023, arus peti kemas ekspor berjumlah 48 persen atau 376.131 TEUs dan impornya terkoreksi 1 persen. Jadi, untuk arus peti kemas ekspor tahun ini mengalami peningkatan 1 persen jika disandingkan dengan tahun lalu.

BACA JUGA: Marriott Hotels Surabaya Ubah Sampah Plastik Jadi Paving Block

Di sisi lain, kinerja bongkar muat TPS juga mengantarkan pada suatu pencapaian. Mereka berhasil mengungguli pakem kinerja bongkar muat dari Kementerian Perhubungan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang berjumlah 48 box/ship/hour.

Dengan menggapai angka 53 box/ship/hour. Dengan kemajuan siginifikan itu, mereka berhasil menduduki posisi utama dalam pangsa pasar di pelabuhan yang terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota tersebut.

Melihat pihaknya mencapai sejumlah peningkatan yang membanggakan, Direktur Utama TPS Wahyu Widodo mengungkapkan rasa syukurnya terhadap hal ini.

BACA JUGA: Foxconn Rekrut 50 Ribu Pegawai, Percepat Produksi iPhone 16

“Alhamdulillah, pada Januari hingga Juli 2024 arus peti kemas di TPS mencapai kenaikan 10,11 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu, jauh melampaui rata-rata kenaikan tahunan yang biasanya berada pada rata-rata 5 persen per tahun,” terang Wahyu.

Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada semua pihak. Seperti tim TPS dan para pelanggan yang sudah berkontribusi dalam prestasi kali ini. TPS juga berhasil meningkatkan jumlah kunjungan kapal mereka pada 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: