Pertamina Inisiasi Konversi Bahan Bakar Kapal Berbahan Bakar Solar Jadi DDF, Bisa Kurangi Luaran Emisi

Pertamina Inisiasi Konversi Bahan Bakar Kapal Berbahan Bakar Solar Jadi DDF, Bisa Kurangi Luaran Emisi

Pemerintah dan Pertamina Hulu Mahakam menginisiasi konversi Kapal Laut berbahan bakar solar menuju Dual Diesel Fuel yang lebih ramah lingkungan-Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan dukungan penuh terhadap proyek konversi kapal berbahan bakar solar menjadi Diesel Dual Fuel (DDF). 

Proyek ini diinisiasi oleh PT Pertamina Hulu Mahakam dan diresmikan dalam acara peresmian Retrofit/Conversion kapal Eksisting menjadi Kapal Diesel Dual Fuel oleh PT Pertamina Hulu Mahakam, di Balikpapan, Senin, 12 agustus 2024.

BACA JUGA:Dalam Sidang Kabinet, Prabowo Peringatkan Potensi Kebakaran Hutan di IKN Yang Berkonsep Forest City

Langkah ini dianggap sebagai upaya strategis dalam mengurangi emisi karbon serta meningkatkan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

Dalam sambutannya, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi inisiatif dari PT Pertamina Hulu Mahakam yang berani melaksanakan proyek ini. 

BACA JUGA:Jokowi Sebut Istana Merdeka Jakarta dan Bogor Masih 'Berbau' Kolonial

“Saya mengapresiasi dan mendukung PT Pertamina Hulu Mahakam yang telah mengambil inisiatif untuk menjalankan proyek konversi kapal berbahan bakar solar menjadi DDF," papar Budu.

"Ini merupakan langkah strategis yang sejalan dengan kebijakan Pemerintah untuk mengurangi impor bahan bakar High Speed Diesel (HSD) serta untuk meningkatkan penggunaan Liquified Natural Gas (LNG) yang lebih ramah lingkungan,” imbuhnya.

BACA JUGA:Indonesia Masa Depan dan Harapan Dunia Pendidikan

Teknologi Diesel Dual Fuel (DDF) yang diterapkan ini merupakan inovasi baru dalam industri maritim.

Teknologi ini mampu diimplementasikan di berbagai jenis mesin kapal dan dapat dikerjakan di galangan kapal dalam negeri, sehingga memberi kontribusi nyata dalam penurunan emisi karbon. 

BACA JUGA:Klinik ASHA IVF dan RS PHC Surabaya Berkolaborasi Sediakan Paket Kehamilan Bayi Tabung Khusus Karyawan BUMN

Menhub menambahkan bahwa proyek ini tidak hanya berpotensi meningkatkan efisiensi operasional dan menurunkan biaya bahan bakar, tetapi juga membawa dampak signifikan dalam pengurangan emisi CO2.

 “Dengan menggunakan teknologi DDF, emisi CO2 dapat berkurang secara substansial dan ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060 mendatang,” lanjut Menhub

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: