Menteri AHY dan Anissa Pohan Raih Penghargaan Busana Terbaik Pada Upacara Penurunan Bendera di IKN

Menteri AHY dan Anissa Pohan Raih Penghargaan Busana Terbaik Pada Upacara Penurunan Bendera di IKN

Pakai Baju Adat Jas Tutu, Menteri AHY Dapat Sepeda dari Jokowi-Humas ATR/BPN-

HARIAN DISWAY - Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istrinya Anissa Pohan meraih predikat busana adat terbaik dalam Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) 

Dalam upacara pada Sabtu, 17 Agustus 2024. sore tersebut, keduanya tampil dengan mengenakan pakaian adat asal Provinsi Sulawesi Selatan.

"Surprise banget, makanya tadi kaget banget saya dipanggil. Sebetulnya kita senang, ini sebagai apresiasi bahwa memang baju adat itu penting agar selalu bisa kita lestarikan. Jadi, saya rasa ini tradisi yang sangat baik," ujar Menteri AHY dikutip melalui siaran pers ATR/BPN di Istana Negara, IKN.

BACA JUGA:Keragaman Busana Para Tokoh dalam Peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Merdeka


Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan--Siaran pers ATR/BPN

Menteri AHY mengenakan busana Jas Tutu dengan warna merah marun. Sementara itu, Anissa Pohan Yudhoyono memakai Baju Bodo dengan warna senada.

 "Menurut saya ini adalah tradisi yang sangat baik, dan mudah-mudahan generasi muda kita, adik-adik kita juga terus melestarikan budaya ini," ungkap Menteri AHY.

Tradisi menggunakan pakaian adat pada hari kenegaraan merupakan hal penting menurut Menteri AHY. Hal tersebut dapat melestarikan sekaligus memperkenalkan baju adat yang beragam dari seluruh daerah Indonesia kepada generasi penerus.

BACA JUGA:Renungan 79 Tahun Kemerdekaan RI, Tren Usia Harapan Hidup di Era Merdeka


Menteri AHY dan Anissa Pohan dalam Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih --Siaran pers ATR/BPN

Selain itu Menteri AHY berharap tidak hanya sekedar melestarikan, namun dengan tradisi mengenakan pakaian adat juga dapat memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari daerah-daerah yang memproduksi pakaian adatnya.

"Mudah-mudahan juga bisnis atau bisa dikatakan UMKM yang bergerak di bidang busana khususnya wastra yang benar-benar menghadirkan keragaman budaya ini juga semakin sukses. Perlu perhatian dari pemerintah, perlu bantuan juga, tapi yang penting kita harus selalu meng-endorse dengan mencontohkan memakai ini dengan baik," lanjutnya.

Satu buah sepeda menjadi hadiah yang diadapatkan oleh Menteri AHY saat terpilih menjadi pemenang Busana Adat Terbaik yang diberi langsung oleh Presiden Jokowi

BACA JUGA:Daftar Pakaian Adat Yang Dikenakan Pejabat Pada Upacara HUT Ke-79 RI di Jakarta dan Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: