RAPBN 2025: Jokowi Anggarkan Rp3.613,1 Triliun Belanja Negara, Terbesar Untuk Bidang pendidikan

RAPBN 2025: Jokowi Anggarkan Rp3.613,1 Triliun Belanja Negara, Terbesar Untuk Bidang pendidikan

Presiden Jokowi saat pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR/DPR.-ist-

Poin ketahanan pangan dianggarkan sebanyak Rp 124,4 triliun oleh Jokowi. Fokusnya untuk mendukung peningkatan produktivitas dan menjaga ketersediaan serta keterjangkauan harga pangan.

BACA JUGA:Jokowi Ungkap Capaian Pembangunan 10 Tahun: Jalan, Jembatan, Pelabuhan, hingga Bandara

"Perbaikan rantai distribusi hasil pertanian, serta meningkatkan akses pembiayaan bagi petani," tambah Jokowi untuk bidang pertanian.

Lima bidang tersebut akan dilimpahkan kepada kementerian dan lembaga terkait untuk melanjutkan keberlanjutan ekonomi di Indonesia. 

Sedangkan untuk daerah, Jokowi mengalokasikan Rp 919,9 triliun agar kebijakan fiskal daerah dapat bersinergi dengan kebijakan fiskal pusat.

BACA JUGA:Paskibraka Berjilbab Jangan Dilarang Lagi, MUI Minta Jokowi Berhentikan Kepala BPIP

Jokowi juga menjelaskan pelimpahan RAPBN 2025 tersebut untuk mengejar harmonisasi belanja pusat dan daerah, serta mengurangi kesenjangan antardaerah dan menguatkan kerjasama antar daerah.

"Peningkatan Pendapatan Asli Daerah harus tetap memperhatikan iklim investasi, kemudahan berusaha, dan kesejahteraan masyarakat, serta penguatan akses dan kualitas layanan publik," tandasnya.(*)

 

*) Artikel ini ditulis oleh Navara Darisya Salma dari Universitas Airlangga, reporter magang Disway Internship Program Batch 8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: parlemen tv