KBRI Beijing Gelar Indonesia Fair, Tampilkan Produk Ekspor dan Kuliner Khas Tanah Air

KBRI Beijing Gelar Indonesia Fair, Tampilkan Produk Ekspor dan Kuliner Khas Tanah Air

Salah satu kegiatan dalam Gempita Merdeka: Indonesia Fair 2024 di halaman KBRI Beijing. --KBRI Beijing

HARIAN DISWAY – Pameran produk dan budaya Indonesia terbesar di Tiongkok kembali digelar. Event bertajuk Gempita Merdeka: Indonesia Fair 2024 itu diselenggarakan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI. 

Indonesia Fair digelar pada 17 Agustus 2024 di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing. Pameran itu merupakan kerja sama KBRI Beijing dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Beijing, Kantor Dagang dan Industri Indonesia Komite Tiongkok (KIKT), Adaro, Indonesia Chamber of Commerce in China (Inacham), dan Kuaishou. 

Antusiasme pengunjung untuk datang ke Indonesia Fair cukup besar. Registrasi untuk kegiatan tersebut telah penuh sejak 2 hari sebelum penyelenggaraan. Sekitar 6.000 pengunjung mendaftar. Mulai dari para duta besar negara sahabat, kalangan diplomatik, pengusaha RRT, media setempat, warga negara Indonesia, warga negara asing, maupun masyarakat lokal. 

BACA JUGA:Jessica Wongso Bebas Bersyarat di Kasus Kopi Sianida

BACA JUGA:Prabowo Siapkan Susunan Kabinet Baru, Siapa Saja?

"Indonesia, negara dengan 17.000 pulau, menawarkan pengalaman yang unik bagi wisatawan. Mulai dari Kota Metropolitan Jakarta dengan gedung pencakar langitnya hingga Raja Ampat di Papua Barat Daya dengan keindahan alam yang masih alami," ujar Dubes RI Beijing Djauhari Oratmangun.

Perkembangan pemindahan ibu kota baru dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan juga termasuk yang dipamerkan. "Pemindahan Ibu kota Indonesia ke Nusantara merupakan bukti kemajuan bangsa Indonesia dan harapan untuk masa depan yang lebih cerah untuk menyongsong Indonesia Maju 2045,” ungkap Djauhari Oratmangun saat membuka Gempita Merdeka: Indonesia Fair 2024.


Penampilan tim kesenian dari Rajam Ampat, Papua Barat, di Indonesia Fair 2024 di halaman KBRI Beijing. --KBRI Beijing

Selepas upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, para pengunjung memadati halaman KBRI Beijing untuk menikmati hiburan, berjoget bersama, dan berburu produk-produk ekspor Indonesia yang telah memasuki pasar Tiongkok. 

Produk-produk tersebut adalah sarang burung Yan Ty Ty, Indomie, Kapal Api, Mayora, Tempe Rusto, Papatonk, dan lain sebagainya. Pengunjung juga menyerbut warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan cemilan khas Indonesia. Ada Nasi Kapau, Soto Betawi, Sate Padang, Es Teler, Batagor, Klepen, dan Es Cendol. 

BACA JUGA:Jawa Timur Raih Penerimaan Pajak Rp 67,85 Triliun, Didukung Pertumbuhan Ekonomi 4,98 Persen

BACA JUGA:RAPBN 2025 Bertema Stabilitas, Inklusivitas, dan Keberlanjutan, Berikut Daftar Prioritas Anggaran di Pemerintahan Tahun Depan

Selain itu dihidangan juga makanan khas Indonesia oleh rumah makan Warisan Roemah Indonesia–Beijing untuk para duta besar negara sahabat, kalangan diplomatik, dan pengusaha RRT di Wisma Duta KBRI Beijing. 

Indonesia Fair juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari Indonesia. Bintang tamu yang khusus di datangkan khusus dari Indonesia yaitu Dharma Oratmangun, Elvi Zubay, Ongen dan Indra Lubis, serta serta tarian tradisional Indonesia yang dibawakan Sanggar Tari Yingde yang keempat penarinya merupakan warga negara RRT yang fasih berbahasa Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: