Mutilasi Sebatas Perut di Brebes, Jawa Tengah

Mutilasi Sebatas Perut di Brebes, Jawa Tengah

ILUSTRASI mutilasi sebatas perut di Brebes, Jawa Tengah. Korban bernama Karni. Dia ditemukan dalam keadaan tubuh terpotong dua. Bagian kepala sampai perut ditemukan, sedangkan bagian bawah perut masih hilang.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Dari empat jenis itu, paling banyak adalah yang pertama. Bukan cuma di Indonesia, melainkan universal.

Namun, sebuah riset di Swedia pada 2020 melaporkan, proporsi dan kejadian mutilasi ofensif lebih tinggi daripada tipe defensif. Berarti, banyak pembunuhan dengan mutilasi yang dilakukan pasangan intim. Bisa suami istri atau pacar atau mantan.

Seandainya kasus Karni adalah pembunuhan dengan mutilasi (polisi belum menentukan hasil penyelidikan), jelas masuk teori nomor dua. Pelaku sangat benci kepada korban. Sengaja menimbulkan kengerian bagi orang yang melihatnya. Pelaku tidak berusaha menghilangkan jejak. Sebab, wajah korban langsung dikenali keluarga dan warga setempat.

Betapa pun ini jenis mutilasi yang pertama di Indonesia dari segi bentuk: potongan jadi dua. Di tengah kemiskinan mayoritas masyarakat Indonesia sekarang, kejadian itu menambah rasa prihatin. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: