Hari Ini, Sejumlah Daerah di Indonesia Gelar Aksi Serentak #KawalputusanMK, Berikut Daftarnya

Hari Ini, Sejumlah Daerah di Indonesia Gelar Aksi Serentak #KawalputusanMK, Berikut Daftarnya

Aksi massa sejumlah elemen masyarakat di halaman depan Tugu Pahlawan, Surabaya, menolak pengesahan RUU Pilkada, Kamis, 22 Agustus 2024.-Nurwahyudi/Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Sejumlah aksi demo akan digelar di berbagai kota, mulai dari Jakarta hingga Surabaya pada hari ini, Kamis, 22 Agustus 2024.

Aksi demo besar besaran ini berlangsung untuk memprotes hasil rapat Badan Legislatif (Baleg) DPR RI tentang Rancangan Undang Undang (RUU) pilkada yang dinilai melangkahi konstitusi. 

Pada rapat tersebut, DPR RI memutuskan perubahan terhadap UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada (RUU Pilkada) yang hanya akan mengakomodasi sebagian putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Banyak orang menilai keputusan ini sebagai upaya untuk melanggengkan dinasti politik serta mengakali pilkada 2024. 

Imbasnya, masa akan turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi di Gedung DPR, Senayan pada hari ini, Kamis, 22 Agustus 2024. Aksi massa turun ke jalan hari ini akan dimulai di titik Gedung DPR Senayan pada pukul 09.00 WIB.

BACA JUGA:Aksi Massa Tolak Pengesahan RUU Pilkada di Tugu Pahlawan, Bawa 3 Tuntutan!

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPR Sahkan RUU Pilkada Ditunda karena Tak Penuhi Kuorum

Tidak hanya mahasiswa, buruh, organisasi masyarakat sejumlah artis dan musisi, komedian hingga penulis dikabarkan akan turun aksi ke jalan untuk meminta DPR RI tidak melawan dan mengubah putusan MK No. 60/PUU-XXII/2024.

Merespons kondisi itu, di Depok Jawa Barat, Sebanyak 120 gur besar yang tergabung dalam Dewan Guru Besar UI merilis pernyataan tertulis atas sikap DPR dan pemerintah terhadap Putusan MK no.50 dan 70 tentang syarat ambang batas pencalonan kepala daerah.

Sementara di berbagai platform media sosial ikut diramaikan dengan postingan ajakan untuk mengawal putusan MK. Melalui berbagai akun aliansi masyarakat, maupun organisasi mahasiswa mengajak unjuk rasa di berbagai kota di tanah air. Seruan turun  ke jalan hari ini, Kamis 22 Agustus 2024, mempunyai tujuan yang sama yaitu mempertahankan demokrasi di Indonesia. 

BACA JUGA:Seruan Aksi di Gedung DPR Menggema di Media Sosial

Mengutip dari salah satu akun X @cingreborn merangkum beberapa titik demonstrasi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Beberapa aksi demo yang didominasi digelar kamis (22/8/2024) di antaranya sebagai berikut:

• Surabaya: Tugu Pahlawan Surabaya, pukul 09.00-12.00

• Bandung: Gedung DPRD Jabar, Bandung, pukul 10.00

• Jogja: Lapangan Parkir Abu Bakar Ali, Malioboro, pukul 10.00

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: