Tips Bikin Akur Anak Kandung dan Anak Tiri, Tumbuhkan Rasa Saling Menghormati

Tips Bikin Akur Anak Kandung dan Anak Tiri, Tumbuhkan Rasa Saling Menghormati

Anak Kandung dan Anak Tiri Bisa Akur, Tipsnya, Tumbuhkan Rasa Saling Menghormati. Berbagi dan saling menghormati. Itulah yang harus ditanamkan oleh orang tua pada anak kandung dan anak tiri. Supaya mereka dapat akur.-freepik-freepik.com

HARIAN DISWAY - Saat anak-anak tumbuh dan belajar tentang diri mereka serta posisi mereka di dunia, persaingan antar saudara kandung adalah hal yang wajar terjadi. Namun, jika ada anak tiri dalam keluarga, peluang terjadinya persaingan dan kecemburuan cenderung meningkat. Berikut tips untuk merukunkan mereka.

Seorang anak tiri harus menyesuaikan diri dengan perceraian orang tua mereka. Sementara anak kandung mungkin tidak senang harus berbagi perhatian orang tua dengan saudara baru.

Namun, apakah dengan saudara tiri bisa rukun? Bisa. Sangat mungkin. Meskipun butuh waktu, komitmen, kesabaran, serta batasan yang jelas dari kedua orang tua. 

BACA JUGA:Baby Bieber! Hailey dan Justin Bieber Jadi Orang Tua, Ini Nama Anaknya

Dilansir dari marriage.com, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menengahi perselisihan antar saudara tiri dan menciptakan kehidupan keluarga yang lebih damai.


Anak Kandung dan Anak Tiri Bisa Akur, Tipsnya, Tumbuhkan Rasa Saling Menghormati. Hubungan antara anak kandung dan anak tiri mungkin tidak bisa rukun. Tapi mereka bisa diajarkan saling menghormati satu sama lain.-marriage.com-marriage.com

Tetapkan Standar Perilaku yang Jelas

Untuk membantu saudara tiri berbaur dengan keluarga, penting untuk duduk bersama pasangan Anda dan menetapkan standar perilaku yang diharapkan dari semua anak di rumah.

Buat aturan dasar yang jelas. Seperti "jangan memukul". Hingga yang lebih halus seperti berbagi barang bersama, seperti televisi atau waktu dengan setiap orang tua.

BACA JUGA:Single Parent? Jangan Khawatir Soal Merawat Anak, Begini Kiatnya

Tentukan bagaimana Anda akan menanggapi pelanggaran aturan. Misalnya, larangan bermain gadget atau menonton televisi pada anak yang melanggar. Penting untuk konsisten dan adil dalam menerapkan aturan baru itu kepada semua orang.

Jadilah Teladan yang Baik

Cara terbaik untuk menciptakan hubungan baik dengan anak tiri adalah dengan menjadi teladan yang baik. Anak dan anak tiri akan belajar banyak dari mengamati Anda dan pasangan. jadi pastikan untuk memberi contoh yang baik. 

Berbicaralah kepada mereka dengan penuh kasih sayang. Bahkan ketika situasi sedang tegang. Tunjukkan cara menangani konflik dengan elegan dan adil.

Jika Anda memiliki anak yang lebih tua, cobalah melibatkan mereka. Anak-anak yang lebih tua bisa menjadi teladan yang baik, dan adik-adik mereka cenderung lebih meniru saudara mereka daripada orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: marriage.com