Mpox Makin Mewabah, Dewan Pandemic Fund Segera Gelar Pertemuan

Mpox Makin Mewabah, Dewan Pandemic Fund Segera Gelar Pertemuan

Chatib Basri --JPNN

HARIAN DISWAY - Wabah Mpox atau cacar monyet ditetapkan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pandemic Fund meresponsnya dengan segera menggelar pertemuan para pakar. Yakni untuk membahas cara terbaik untuk mendukung pencegahan menyebarnya virus tersebut.

“Pandemic Fund telah memantau dengan cermat perkembangan Mpox dan lonjakan kasus baru-baru ini, yang didorong oleh munculnya jenis virus dan peningkatan penularan dari manusia ke manusia,” kata Co-chairs Pandemic Fund Chatib Basri dalam keterangan pers bersama, dikutip Kamis, 29 Agustus 2024.

BACA JUGA:DPR Minta Pemerintah Tidak Remehkan Penyebaran Mpox: Active Case Finding jadi Kunci

BACA JUGA:Imbas Penyebaran Virus Mpox, Kemenhub Wajibkan Aplikasi SatuSehat Untuk Perjalanan Luar Negeri

Pandemic Fund mendukung diterbitkannya rancangan Rencana Kesiapsiagaan dan Respons Strategis Global (SPRP) untuk Mpox yang diluncurkan oleh WHO pada tanggal 26 Agustus 2024. 

Chatib menilai bahwa SPRP memberikan kerangka yang kuat untuk kesiapsiagaan dan respons kesehatan masyarakat terhadap keadaan darurat Mpox.

"Dewan Pandemic Fund akan bertemu dalam beberapa hari mendatang untuk membahasnya,” jelasnya.

BACA JUGA:Kasus Mpox Terus Meningkat, Kemenkes Sebut Vaksinasi Hanya Untuk Kelompok Berisiko Tertular

BACA JUGA:Pakar Kesehatan Sarankan Pemerintah Segera Terapkan 8 Langkah Ini untuk Kendalikan Mpox

Termasuk menyiapkan koordinasi yang erat dengan negara dan mitra. Sekaligus melibatkan para pemangku kepentingan regional, WHO, dan entitas pelaksana lainnya.

Mantan menteri keuangan itu menyatakan bahwa Pandemic Fund akan mendukung prioritas nasional dan regional untuk memastikan kesiapan komprehensif dalam merespons kasus Mpox. 

Semua upaya akan dilakukan. Termasuk alokasi sumber daya, hingga meningkatkan koordinasi. Juga meningkatkan koherensi dan efektivitas di seluruh aliran pendanaan untuk mencapai ketahanan yang lebih baik.

BACA JUGA:Mpox Mewabah di Dunia, Perlukah Vaksinasi Seperti Covid 19?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: