Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ngadiyanto, Sosok Polisi Pembina yang Berdedikasi di Desa Sepanjang

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ngadiyanto, Sosok Polisi Pembina yang Berdedikasi di Desa Sepanjang

Apresiasi yang diberikat oleh Kepala Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore kepada Bhabinkamtibmas Ngadiyanto atas dedikasinya kepada desa, dan ucapan syukur atas penghargaan yang baru saja diperolehnya, yakni Bhabhinkamtibmas terbaik se- Kabupaten Banyuwangi--

HARIAN DISWAY - Desa Sepanjang, yang terletak di wilayah hukum Polsek Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Desa ini memiliki sosok Bhabinkamtibmas yang sangat berdedikasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Ngadiyanto, seorang anggota Polri yang kini juga menjabat sebagai Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), telah menorehkan berbagai prestasi selama bertugas di desa ini.

Bhabinkamtibmassingkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Ngadiyanto menjalankan tugasnya berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 mengenai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). 

BACA JUGA:APJW II 2024: Kelurahan Kebonsari Kulon Gelar Cokro Fair di Kota Probolinggo

Peraturan ini menyatakan bahwa rasa aman adalah hak setiap orang untuk menjalani kehidupan sehari-hari tanpa rasa takut atau kekhawatiran akan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Untuk mencegah gangguan tersebut, peraturan ini menggarisbawahi peran Bhabinkamtibmas sebagai pembina keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah tugasnya. 

Tugas utama yang dilakukan Ngadiyanto selama menjabat di Desa Sepanjang adalah melakukan pemolisian masyarakat atau yang dikenal sebagai Polmas. Hal ini merupakan upaya mengajak masyarakat untuk bermitra dengan anggota Polri. Termasuk dalam mendeteksi dan mengidentifikasi secara dini gangguan keamanan serta menemukan solusi atas permasalahan yang ada.

Di Desa Sepanjang, Ngadiyanto dikenal aktif bekerja sama dengan Kepala Desa Rojikin dan Babinsa. Ia selalu hadir dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, berbaur dengan warga, dan senantiasa siap sedia jika dibutuhkan. 

BACA JUGA:APJW II 2024, Anjangsana Legiun Veteran Republik Indonesia oleh Tiga Pilar Plus Kelurahan Bendo, Blitar

Dedikasinya terlihat dari berbagai inisiatif yang diambilnya. Seperti membina Satuan Tugas Linmas desa, melatih anggota Linmas dalam hal kedisiplinan, serta melakukan patroli keamanan di seluruh wilayah desa.

Berkat komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, Ngadiyanto menerima apresiasi tinggi dari Polresta Banyuwangi. 

Pada tahun 2024, Ngadiyanto dinobatkan sebagai Bhabinkamtibmas dengan kinerja terbaik di seluruh Polresta Banyuwangi, setelah sebelumnya meraih peringkat kedua di tahun 2023. Tak hanya itu, Ngadiyanto juga meraih peringkat ketiga dalam laporan BOSV2 se-Polresta Banyuwangi pada tahun yang sama.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : 3 Desa Dari Banyuwangi Miliki Sinergitas 3 Pilar yang Kuat!

Mengapresiasi kinerja luar biasa Ngadiyanto, Kepala Desa Sepanjang Rojikin, menggelar acara tasyakuran bersama perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan masyarakat pada peringatan HUT ke-79 RI. 

Dalam acara tersebut, Rojikin menyampaikan rasa bangganya terhadap kinerja Ngadiyanto. "Pak Ngadiyanto ini adalah Bhabinkamtibmas dengan kinerja yang sangat baik, selalu siap jika dibutuhkan, dan membaur dengan masyarakat. Sebagai Kepala Desa, saya sangat bangga dan akan berusaha mempertahankan agar Pak Bhabin tetap bertugas di Desa Sepanjang," ujar Rojikin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: