Anugerah Jawi Wetan II 2024: Satlinmas Desa Sepanjang: Pilar Keamanan dan Ketangguhan Sosial

Anugerah Jawi Wetan II 2024: Satlinmas Desa Sepanjang: Pilar Keamanan dan Ketangguhan Sosial

Anggota satuan keamanan lingkungan masyarakat desa sepanjang--

HARIAN DISWAY - Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa Sepanjang telah diberdayakan oleh Kepala Desa Sepanjang, Bapak Rojikin, sejak tahun 2012. Satlinmas ini menjadi pilar utama keamanan di desa. Mereka membantu pemerintah desa dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan. 

Selain itu, anggota Satlinmas juga diharuskan tanggap terhadap bencana serta berperan aktif dalam mengamankan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Pembentukan Satlinmas Desa Sepanjang didasarkan pada Keputusan Kepala Desa. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang peraturan yang mengatur tentang penyelenggaraan ketertiban umum, ketenteraman masyarakat, dan perlindungan masyarakat.

BACA JUGA:APJW II 2024, Pagelaran Seni Janger Semalam Suntuk, Wujud Cinta Desa Sepanjang untuk Kemerdekaan

Untuk memastikan keberlanjutan Satlinmas, Kepala Desa Rojikin tidak hanya menganggarkan dana dalam APBDes. Tetapi mereka juga mencari terobosan pendanaan lain. 

Salah satu inisiatif yang diterapkan adalah bekerja sama dengan paguyuban pedagang Pasar Sepanjang Glenmore. Mereka di berdayakan untuk pengamanan di daerah pasar, dari situlah diperoleh dana insentif untuk anggota Satlinmas.

Kepala Desa Rojikin juga mengimbau anggota Satlinmas untuk menyisihkan sebagian dari insentif yang mereka terima untuk membentuk dana sosial. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 : Profil 3 Desa yang lolos seleksi APJW II 2024 dari Kabupaten Blitar

Dana ini ditujukan untuk membantu anggota Satlinmas yang sakit, terkena musibah, atau dalam keadaan membutuhkan. Contohnya, ketika keluarga salah satu anggota Satlinmas, Somad, jatuh sakit. 

Bhabinkamtibmas bersama anggota Satlinmas lainnya mengadakan musyawarah untuk menjenguk dan memberikan bantuan dana di Rumah Sakit Bhakti Husada Krikilan, tempat keluarga Somad dirawat.


menjenguk salah satu anggota satlinmas Desa Sepanjang--

"Dana sosial ini sangat penting untuk keadaan darurat yang dialami oleh anggota Satlinmas. Karena suatu saat, kita semua mungkin akan mengalami sakit atau kesusahan. Oleh karena itu, tanamkan kepedulian sosial di hati kalian, anggota Satlinmas, saling membantu untuk meringankan beban sesama," ujar Kepala Desa Rojikin dalam sesi pembinaan.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Semarak Lomba Kemerdekaan antar RW se-Kelurahan Kebonsari Kulon, Probolinggo

Bapak Rojikin berharap melalui kepedulian sosial yang tinggi dan semangat gotong royong.  Satlinmas Desa Sepanjang dapat terus berperan aktif dalam menjaga keamanan desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: