Kunjungan Paus Fransiskus, Bawa Misi Perdamaian di 4 Negara Asia Pasifik

Kunjungan Paus Fransiskus, Bawa Misi Perdamaian di 4 Negara Asia Pasifik

Potret gambar Paus Fransiskus di Gereja Katedral Jakarta dan dibuat foto oleh umat, 30 Agustus 2024-YasuYoshi C Hiba -AFP

Paus Fransiskus juga dikenal sebagai pecinta lingkungan. Dia mengidolakan Santo Fransiskus dari Asisi yang terkenal sebagai Orang Suci dengan rasa empati tinggi terhadap semua ciptaan.

Di Papua Nugini, Paus Fransiskus akan menapaki jejak pendahulunya, Paus Yohanes Paulus II. Paus asal Polandia itu pernah singgah di negara ini pada 1984 dan 1995.

Dengan keberanian pastoralnya, Paus Fransiskus akan menjumpai umat beriman di Vanimo, sebuah kota kecil di ujung barat laut provinsi Sandaun.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Gelar Misa Akbar 5 September, Warga Jakarta Diimbau WFH

Timor Leste: Harapan Baru di Tanah Katolik


Paus Fransiskus akan kunjungi Jakarta 5 September, Pemerintah anjurkan WFH bagi warga sekitar. --Disway

Kunjungan Paus Fransiskus berikutnya berlanjut ke Timor Leste mulai 9-11 September, Paus Fransiskus akan mengunjungi Timor Leste, negara yang hampir seluruh penduduknya beragama Katolik. Tercatat 90% penduduk Timor Leste memeluk agama Katolik.

Kunjungan Paus ini sangat dinanti oleh masyarakat Timor. Mereka siap menyambut Paus dengan antusiasme besar. Paus Fransiskus akan bertemu dengan kaum muda, mengajak mereka untuk tetap berpegang pada iman dalam menghadapi tantangan masa depan, salah satunya tentang pelecehan seksual.

Kunjungan tersebut juga membawa tanggung jawab moral yang besar. Sebab, Sri Paus diharapkan akan membahas isu sensitif itu selama di Timor Leste.

Perlu diingat, Vatikan pernah memberikan sanksi kepada Uskup Carlos Belo pada 2020 yang melakukan pelecehan seksual pada dua orang laki-laki di Dili pada 1990-an.

BACA JUGA:Misa Bersama Paus Fransiskus di GBK Dihadiri 86 Ribu Umat Katolik

BACA JUGA:Paus Fransiskus ke Jakarta, Pimpin Misa di GBK, Umat yang Belum Daftar Bisa Ikut Online

Singapura: Penutup Ziarah dengan Seruan untuk Keharmonisan


Paus Fransiskus akan memimpin acara lintas agama di masjid terbesar di Asia Tenggara, Istiqlal, Jakarta, 4 September 2024-AFP-

Perjalanan apostolik Paus Fransiskus di Asia Pasifik akan ditutup di Singapura pada 11-13 September 2024. Singapura yang memiliki julukan negara kota pusat keuangan utama Asia itu akan menjadi tempat terakhir Paus Fransiskus di visitasi panjangnya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp