MotoGP 2025: Jadwal Tes Pramusim Dirilis, Mulai dari Valencia hingga Sepang

MotoGP 2025: Jadwal Tes Pramusim Dirilis, Mulai dari Valencia hingga Sepang

Rilis resmi jadwal tes pramusim 2025--Twitter Motogp @Motogp

HARIAN DISWAY - Setelah otoritas MotoGP memastikan bahwa sirkuit pembuka musim 2025 dan 2026 akan berlangsung di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, kini giliran jadwal tes pramusim 2025 dirilis.

Pertama, tes pramusim akan dilangsungkan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Seperti biasa, tes “Pramusim Awal” ini akan digelar sehari setelah seri Valencia, tepatnya pada Selasa, 19 November 2024.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tes “Pramusim Awal” akan dimanfaatkan oleh tim pabrikan untuk menguji motor prototipe mereka, biasanya melibatkan pembaruan pada sasis, mesin, komponen elektrik, dan fairing (termasuk aerodinamika).

Kebetulan, Sirkuit Ricardo Tormo Valencia akan menggelar balapan pada 15-17 November 2024, sekaligus menjadi seri penutup musim ini.

BACA JUGA:Akhirnya! Marc Marquez Menang setelah Tiga Tahun Paceklik

BACA JUGA:Kemenangan Haru Marc Marquez di Aragon, 1.043 Hari Penantian Berakhir!

Jadwal kedua bertajuk “Sepang ShakeDown” akan berlangsung pada 31 Januari-2 Februari 2025 di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia.

Seperti biasanya, momen ShakeDown hanya berlaku untuk pembalap test rider, rookie, dan tim pabrikan yang masuk dalam konsesi peringkat D, beserta pembalap reguler mereka untuk musim depan.


Momen Alex Marquez dan Pecco Bagnaia alami insiden tabrakan di MotoGP Spanyol di sirkuit Aragon, Minggu, 2 September 2024.-@CormacGP/X-

Penentuan peringkat konsesi di MotoGP didasarkan pada klasemen konstruktor musim sebelumnya, di mana Ducati berada di peringkat A, KTM dan Aprilia di peringkat C, serta Yamaha dan Honda di peringkat D.

Dikutip dari situs MotoGP, persentase poin akan dihitung untuk menentukan peringkat masing-masing pabrikan, yang akan ditentukan pada libur musim panas tahun ini.

BACA JUGA:Hasil Balapan Moto2 Aragon, Mario Aji Finis di Posisi ke-15

BACA JUGA:Quartararo Ungguli Bagnaia di Sprint Race Aragon, Kebangkitan Mesin Inline 4 Silinder YZR-M1

Pos pemeriksaan ini akan mulai memberlakukan penghitungan poin pasca-liburan musim panas 2023 (mulai GP Inggris) hingga pramusim panas 2024 (sampai dan termasuk GP Jerman).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: