MotoGP 2025: Jadwal Tes Pramusim Dirilis, Mulai dari Valencia hingga Sepang

MotoGP 2025: Jadwal Tes Pramusim Dirilis, Mulai dari Valencia hingga Sepang

Rilis resmi jadwal tes pramusim 2025--Twitter Motogp @Motogp

Penting untuk diingat bahwa poin konstruktor hanya akan dihitung dari motor yang finis teratas dari masing-masing pabrikan.

Jadwal ketiga, bertajuk “Sepang Test,” akan berlangsung pada 5-7 Februari 2024, di mana semua tim, pembalap reguler 2025, dan kru akan tampil serentak untuk melengkapi data balap.

Sirkuit Internasional Sepang, yang dirancang oleh desainer sirkuit ternama Hermann Tilke, selalu menjadi rujukan utama untuk mendapatkan data balap motor dan ban.

Sirkuit Sepang yang bertipe "Fast Track" ini menyajikan tantangan yang sangat mewakili karakteristik berbagai sirkuit balap dunia, seperti:

Chicane yang cepat dan tricky, menguji keseimbangan pembalap dan getaran motor saat di dalam tikungan S.

BACA JUGA:Marc Marquez Raih Pole Position Kedelapan di GP Aragon, Siap Dominasi Balapan Utama!

BACA JUGA:GP Aragon: Marc Marquez Catat Rekor Laptime di Latihan Bebas, Tapi Waspadai Bagnaia

Tikungan lambat yang tricky, di mana pengujian ban dengan pengereman keras sebelum masuk tikungan dan selepas tikungan lambat mesin dipaksa “teriak” untuk mendapatkan torsi maksimal. Salah buka throttle akan berisiko menyebabkan wheelie pada roda depan.

Suhu lintasan yang sangat ekstrem, di mana pengujian ban mengambil peran penting. Suhu permukaan lintasan tertinggi mencapai 53°C, ditambah seringnya titik pengereman keras di lintasan ini.

Kondisi cuaca yang cepat berubah, selain panas, Sepang memiliki tingkat kelembapan udara yang tinggi, dengan curah hujan tinggi. Hal ini cocok untuk pengujian ban dan settingan mesin dalam dua kondisi berbeda sekaligus.

Setelah di Sirkuit Internasional Sepang, semua tim balap akan menuju Thailand untuk “Buriram Test” pada 12-13 Februari 2025.

Uji coba dua hari di lintasan Sirkuit Internasional Chang, Buriram ini juga sebagai persiapan untuk seri pembuka pada 28 Februari-2 Maret 2025 di tempat yang sama.

(Bagus Aji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: