Israel Bergejolak! Warga Inginkan Gencatan Senjata untuk Bebeskan Sandera

Israel Bergejolak! Warga Inginkan Gencatan Senjata untuk Bebeskan Sandera

Polisi menggunakan meriam air selama protes di Tel Aviv pada hari Minggu.--Reuters

BACA JUGA:Setelah Haniyeh, Israel Serang Komandan Hamas Haitham Balidi

BACA JUGA:Israel Gelar Rapat Darurat Antisipasi Serangan Balasan Hizbullah

Dalam rapat kabinet pada hari Minggu, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant mengecam keras pemerintah Israel. Pemerintahan tersebut lebih mengutamakan kontrol atas wilayah perbatasan daripada kesepakatan pembebasan sandera, menyebutnya sebagai “aib moral.”

Ribuan warga Israel, termasuk keluarga sandera, menghadiri unjuk rasa di luar 'The Hostages Square' dekat Museum Seni Tel-Aviv di Tel Aviv, Israel, pada 31 Agustus 2024. ,-Nur Photo-getty images

Gallant, yang semakin merasa terisolasi dalam kabinet Netanyahu terkait masalah kesepakatan penyanderaan. "Jika kita terus berada di jalur ini, kita tidak akan mampu mencapai tujuan yang kita tetapkan sendiri," kata Gallant.

“Jika kami ingin para sandera hidup-hidup, kami tidak punya waktu,” tambahnya.

Seorang pejabat senior AS menyatakan bahwa pembunuhan para sandera menimbulkan pertanyaan tentang keseriusan Hamas dalam mencapai kesepakatan. Hal ini mengingat tiga dari mereka seharusnya dibebaskan sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata.

"Pejabat AS telah menyusun paket akhir bersama Qatar dan Mesir. Paket tersebut mencakup Hersh (Goldberg-Polin) dan sejumlah sandera yang baru saja dieksekusi," kata pejabat senior AS tersebut.

“Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai keseriusan Hamas mengenai kesepakatan tersebut, bahkan ketika tekanan juga meningkat pada Israel dan Netanyahu secara pribad,” lanjutnya.

Di sisi lain, Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich meminta jaksa agung untuk mencegah pemogokan nasional yang direncanakan pada hari Senin, dengan alasan bahwa pemogokan akan merugikan perekonomian selama masa perang.

BACA JUGA:Pasca Pembunuhan Ismail Haniyeh, Iran dan Sekutu Regional Bersiap Serang Israel

BACA JUGA:Israel Kecam Keputusan Mahkamah Internasional: Orang Yahudi Berhak di Tanah Mereka Sendiri!

Arnon Bar-David, yang menyerukan pemogokan, mengatakan dalam konferensi pers bahwa hanya pemogokan yang akan mengejutkan.

"Dan itulah sebabnya saya memutuskan bahwa mulai besok pukul enam pagi, seluruh perekonomian Israel akan ditutup," ujar Arnon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnn