Paus Fransiskus Beri Salam Hangat kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Paus Fransiskus Beri Salam Hangat kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Paus Fransiskus berjabat tangan dengan presiden terpilih Prabowo Subianto didampingi Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Rabu pagi, 4 September 2024.--Dok. Kemenhan

HARIAN DISWAY - Paus Fransiskus berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 4 September 2024. Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia itu pun sempat menyapa presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Saya mengucapkan salam hangat kepada Presiden terpilih (Prabowo, Red) untuk masa tugas pelayanan Anda yang membawa buah untuk Indonesia,” jelas Paus Fransiskus.

Sapaan Paus Fransiskus ke Prabowo itu kemudian disambut Prabowo dengan mengangguk dan tersenyum dari tempat duduknya.

BACA JUGA:Pemuda Muhammadiyah, IMM, dan GPII Kompak Dukung Televisi Tak Tayangkan Audio Azan saat Misa Paus

BACA JUGA:PBNU Dukung Televisi Tak Tayangkan Azan secara Audio, Gus Ulil: Penghargaan untuk Umat Katolik

Dalam pidatonya, Paus Fransiskus mengatakan dirinya kagum dengan makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. 

“Semboyan negara Anda, Bhinneka Tunggal Ika, bersatu dalam keberagaman secara harfiah berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua mengungkapkan realitas beraneka sisi dari berbagai orang yang disatukan dengan teguh dalam satu bangsa,” ujar Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus juga menekankan soal toleransi keberagaman di Indonesia. Bahwa semua umat dapat selaras hidup harmoni secara berdampingan untuk meningkatkan solidaritas keberagaman.


Penyambutan kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus juga diiringi parade jajar kehormatan yang diiringi musik marching band di Istana Merdeka.--Dok. Kemenhan

Baginya, solidaritas itu diperlukan sebagai upaya mencapai perdamaian baik di dalam masyarakat maupun dengan bangsa-bangsa serta negara-negara lain. 

BACA JUGA:Sederhananya Paus Fransiskus, Kenakan Jam Tangan Murah Casio seri MQ24-7B2

BACA JUGA:Daftar Peraturan yang Harus Dipatuhi selama Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Juga, tentu saja, untuk memperkuat kerukunan yang damai dan berbuah yang menjamin perdamaian. Serta menyatukan upaya-upaya untuk menghapus ketimpangan dan penderitaan di berbagai wilayah negara.

Sebelumnya, kedatangan Paus Fransiskus ke Istana Merdeka pagi ini disambut meriah oleh anak-anak sekolah yang menggunakan beragam pakaian adat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: