Minim Pemain Kelas Dunia, Luciano Spalletti Tetap Puas dengan Performa Timnas Italia

Minim Pemain Kelas Dunia, Luciano Spalletti Tetap Puas dengan Performa Timnas Italia

Rekor-rekor yang tercipta saat Italia hajar Prancis 3-1 di UEFA Nation League. Foto: Sandro Tonali (kiri) berebut bola dengan Michael Olise di Parc des Princes, 7 September 2024.-Franck Fife-AFP

HARIAN DISWAY - Pelatih Tim Nasional Italia Luciano Spalletti mengungkapkan kegembiraannya. Timnya meraih kemenangan 3-1 ketika melawan Prancis dalam Nations League pada Jumat, 6 September 2024 lalu.

Spalletti merasa tim Italia telah belajar bermain lebih kolektif. Meski Italia saat ini tidak memiliki pemain kreatif berbakat seperti Roberto Baggio, Alessandro Del Piero, atau Francesco Totti yang dikenal pada masa lalu.

Dalam konferensi pers jelang pertandingan Nations League melawan Israel pada Senin, 9 September, Spalletti, yang didampingi oleh pemain tengah Samuele Ricci, menegaskan bahwa akan ada beberapa perubahan dalam susunan pemain.

BACA JUGA:Andrea Cambiaso Beberkan Resep Sukses Italia Kalahkan Prancis


Selebrasi Federico Dimarco setelah mencetak gol penyama kedudukan bagi Timnas Italia saat bertemu Prancis di UEFA Nations League--Instagram @azzurri

Perubahan dilakukan karena sebagian pemain mengalami kelelahan. Dua pemain, Riccardo Calafiori dan Lorenzo Pellegrini, yang tampil saat melawan Prancis, telah kembali ke klub masing-masing.

"Rasanya sulit menurunkan tim yang sama seperti pada hari Jumat. Hanya dua hari tidak cukup untuk memulihkan diri dari kelelahan. Kita akan lihat kondisi para pemain. Namun, tidak aneh jika kami mengganti tiga hingga lima pemain," ujar Spalletti.

Meskipun demikian, Spalletti tetap optimis dengan kualitas pemain yang dimiliki Italia. Menurutnya, meskipun Italia saat ini tidak memiliki pemain depan bintang, negara itu selalu memiliki pemain berkualitas yang bisa dipilih untuk membentuk tim yang kuat.

BACA JUGA:Comeback! Italia Hajar Prancis 3-1, Luciano Spalletti Puji Mentalitas Timnya

"Saya sering mendengar perbincangan yang beragam tentang tim nasional ini. Namun, Italia selalu punya setidaknya 20 pemain yang cukup kuat untuk membuat tim tangguh. Ini adalah asumsi dasar yang tidak pernah berubah," ungkapnya.

Spalletti juga menyadari bahwa saat ini Italia tidak memiliki pemain teknis berbakat seperti yang dimiliki pada masa lalu. Tetapi menurutnya, para pemain saat ini tahu cara beradaptasi dan bermain secara kolektif.

"Kami tidak punya Baggio, Del Piero, atau Totti, tapi kami punya banyak pemain yang tahu cara melakukan berbagai hal dan beradaptasi," kata Spalletti.

BACA JUGA:Rekor-Rekor yang Tercipta Saat Italia Hajar Prancis 3-1 di UEFA Nation League

Perubahan besar lainnya adalah Alessandro Bastoni yang dipastikan akan kembali bermain melawan Israel. Sementara Davide Frattesi akan menjalani evaluasi lebih lanjut setelah ditarik keluar pada babak kedua melawan Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: