Prabowo Ingin Bentuk Kabinet Zaken, Calon-Calon Menteri Akan Dipanggil Sebelum Pelantikan

Prabowo Ingin Bentuk Kabinet Zaken, Calon-Calon Menteri Akan Dipanggil Sebelum Pelantikan

Presiden Terpilih 2024 Prabowo Subianto Mulai Panggil Calon Menteri Kabinetnya Jelang Pelantikan-prabowo-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mulai mengerjakan proses penjaringan dan penyaringan calon menteri kabinet.

Terhitung kurang dari enam pekan dari 20 Oktober 2024 jelang pelantikan, Prabowo mulai membidik sejumlah tokoh untuk menjalankan pemerintahan bersamanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan hingga saat ini beberapa partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) juga telah menyodorkan beberapa nama. 

Namun, nama-nama calon menteri tersebut tetap mendapatkan proses penyaringan dari parpol terkait dan tim dari Prabowo.

BACA JUGA:Sebelum Dilantik, Prabowo Maraton Kunjungan ke 5 Negara ASEAN Dalam 3 Hari

BACA JUGA:JK Kritik Kinerja Nadiem, Minta Prabowo Pilih Mendikbud yang Paham Pendidikan

“Partai koalisi sudah mulai mengajukan nama dan mengajukan beberapa portofolio di kementerian. Terus di antara tokoh-tokoh juga sudah mulai disebut dan sudah mulai dilakukan penjaringan, pemilahan, dan pemilihan,” kata Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta pada Senin 9 September 2024.

Muzani juga menegaskan bahwa Prabowo akan menyusun kabinet zaken, yang akan diisi oleh orang-orang berkompeten sesuai bidang yang dimiliki. Syarat tersebut juga berlaku pada calon-calon yang diusung oleh partai politik.

“Pak Prabowo ingin pemerintahan yang dipimpinnya nanti adalah zaken kabinet, di mana orang-orang yang duduk di kementerian benar-benar ahli,” jelas Muzani.

BACA JUGA:Pertemuan Dua Sahabat, Prabowo Undang PM Malaysia Anwar Ibrahim Untuk Hadir di Pelantikannya

BACA JUGA:Prabowo Lanjutkan Tur Kunjungi ASEAN, Usai Dari Laos, Lanjut ke Kamboja

Dari kesaksian Muzani, Prabowo telah berdiskusi dengan calon-calon yang masuk pada bidikannya. Tujuannya untuk mengetahui apakah calon-calon tersebut dapat memahami, mengerti, dan menyelesaikan persoalan yang akan dihadapi di dalam pemerintahan Prabowo.

“Diajak diskusi tentang bagaimana penyelesaian masalah dan problem yang dihadapi, bagaimana dia menghadapi sebaik-baiknya,” tambahnya.

Ketua Dewan Pembina Forum Masyarakat Indonesia Emas (Formas) Hashim Djojohadikusumo memberikan petunjuk dengan mengungkapkan ada empat lulusan SMA Taruna Nusantara yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pernyataan ahmad muzani