Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sinergi Tiga Pilar dan Masyarakat Tangani Kebakaran di Kampung Krajan

Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sinergi Tiga Pilar dan Masyarakat Tangani Kebakaran di Kampung Krajan

Pemadaman Insiden Kebakaran di Salah Satu Rumah Warga di Desa Banyuglugur--

HARIAN DISWAY - Pada Kamis, 22 Agustus 2024, kebakaran melanda rumah milik Misyoyon di Kampung Krajan, Rt 02 Rw 01, Desa Banyuglugur, Situbondo. Kejadian tersebut mengakibatkan kerusakan serius pada bagian dapur rumah. Beruntung tidak ada korban jiwa. 

Menurut penjelasan pemilik rumah, kebakaran terjadi karena lupa mematikan kompor saat hendak pergi ke sawah. Api dengan cepat menghabiskan isi dapur. Warga sekitar pun segera melakukan upaya pemadaman. 

Kepala RT setempat melaporkan ke pihak desa untuk penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Ketahanan Pangan Desa Gedangrowo dengan Tanam Padi 3 Kali Setahun

Kepala Desa Banyuglugur Sumarno bersama Babinsa Makruf Setia Budi dan Bhabinkamtibmas Ade Nofarifky Darmawan segera turun ke lokasi kejadian. 

Tiga pilar Desa Banyuglugur itu bekerja sama dengan warga setempat untuk memastikan kelancaran proses pemadaman. Mereka mengamankan lokasi agar tidak ada warga yang mendekati area tersebut. Serta memastikan pemadaman dilakukan dengan aman.

Setelah api berhasil dipadamkan, Tiga Pilar serta warga melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan sisa-sisa kebakaran. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pilah Sampah Rezeki Berkah Melimpah di Desa Jarakan, Tulungagung

Material bangunan yang hangus, seperti kayu dan genteng, diangkat dan dibersihkan untuk mencegah bahaya lebih lanjut.

Kegiatan itu mencerminkan sinergi antara TNI, Polri, pemerintah desa berikut masyarakat setempat dalam menghadapi situasi darurat.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga menyampaikan imbauan kepada warga untuk tetap waspada. Terutama saat musim kemarau yang meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Fasilitasi Pupuk Bersubsidi untuk Petani, Kunci Ketahanan Pangan Desa Wonocoyo


Pasca Kejadian Kebakaran di Desa Banyuglugur--

Melalui sosialisasi dan edukasi yang diberikan, masyarakat diharapkan lebih memahami dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Serta berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: