GP Azerbaijan: Charles Leclerc Raih Pole Position Keempat Buruntun, Kali Ini Bisa Juara?

GP Azerbaijan: Charles Leclerc Raih Pole Position Keempat Buruntun, Kali Ini Bisa Juara?

GP Azerbaijan: Charles Leclerc raih pole position keempat beruntun di Sirkuit Baku City.-Formula 1-

"Aku tidak terlalu khawatir, dan aku tahu kami harus mengejar ketinggalan. Tapi kami selalu memiliki kecepatan yang dibutuhkan," jelas Leclerc.

"Di kualifikasi, yang terpenting adalah berusaha menjaga jarak sejauh mungkin dari tembok. Dan kemudian di lap terakhir, aku sedikit lebih nge-push dan mencatat laptime yang sangat bagus," papar pembalap asal Monaco tersebut.

Jalannya Kualifikasi


GP Azerbaijan: Charles Leclerc raih pole position keempat beruntun di Sirkuit Baku City. Foto: Leclerc (tengah) mengaspal dalam sesi kualifikasi di sirkuit Baku, 14 September 2024. -Formula 1-

Setelah kondisi cuaca cerah dan hangat dalam dua sesi latihan bebas pada Jumat, 13 September 2024, para pembalap disambut oleh awan dan gerimis menjelang FP3 Sabtu pagi.

Hal itu menambah tantangan tersendiri terkait grip di sirkuit Baku City, yang sejauh ini sangat berdebu dan licin. Di tengah waktu FP3, sempat ada gerimis sebentar. Tapi semua pembalap masih terus memanfaatkan waktu untuk mengaspal.

BACA JUGA:Tim Red Bull F1 Rajanya Sirkuit Baku City Azerbaijan, Ini Catatan Rekornya!

BACA JUGA:Red Bull F1 Siapkan Strategi Setelah Jonathan Wheatley Pindah ke Audi

Jelang 20 menit terakhir FP3, semua pembalap ganti ban soft. Kejutan dari Oscar Piastri (McLaren) mengambil alih posisi teratas dengan waktu yang menarik: 1 menit, 42,749 detik.

Charles Leclerc (Ferrari) bikin kejutan dengan 1 menit 42,564 detik. Tapi George Russell (Mercedes) mempertajam catatan Leclerc jelang penutupan FP3 dengan mencatatkan waktu 1 menit 42,514 detik.

Memasuki sesi kualifikasi saat sore, lintasan sirkuit Baku City kembali kering, meski cuaca sedikit mendung. Kebanyakan pembalap menggunakan ban medium.


GP Azerbaijan: Charles Leclerc raih pole position keempat beruntun di Sirkuit Baku City. Foto: Oscar Piastri (McLaren) mengaspal dalam sesi kualifikasi di sirkuit Baku, 14 September 2024.-AFP-

Sementara itu, ada drama dari pembalap McLaren Lando Norris. Ia gagal di 15 menit pertama kualifikasi, dan tereliminasi.

BACA JUGA:Scuderia Ferrari Tunjuk Loic Serra sebagai Direktur Teknis Chassis Baru

BACA JUGA:Santander Bank Resmi Bermitra dengan Formula 1 Mulai 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: formula 1