Lautan Jamaah hingga Ulama Khos Hadiri Haul ke-43 KH Abdul Hamid

Lautan Jamaah hingga Ulama Khos Hadiri Haul ke-43 KH Abdul Hamid

Jamaah haul KH Abdul Hamid ke 43 membanjiri sudut-sudut Kota Pasuruan -Dinas Kominfotik Kota Pasuruan-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Lautan manusia menghadiri haul ke-43 KH Abdul Hamid di Pondok Pesantren Salafiyah, Jalan KH Abdul Hamid VIII/14, Kota Pasuruan, pada Sabtu 14 September 2024.

Jamaah haul tersebut membanjiri jalan-jalan di sekitar lokasi utama yakni Ponpes Salafiyah Putri setempat. Para jamaah haul ini rela berpanas-panasan, berdesak-desakan untuk mengikuti acara dari awal hingga akhir.

Bahkan, sudah ada yang menginap jauh hari untuk mengikuti rangkaian prosesi haul. Sejumlah ulama, masyaikh, tokoh ormas, hingga pejabat juga hadir di acara tersebut.

BACA JUGA:Hadiri Haul Akbar KH Abdul Chalim dan KH Maksum, Anies: Usianya Dicukupkan, tapi Umurnya Panjang

BACA JUGA:Respons Gus Amak saat Haul ke-42 KH Abdul Hamid Dibanjiri Lautan Umat

Di antaranya adalah KH Zulfa Mustofa, KH Agus Ali Masyhuri, Habib Jindan bin Novel bin Jindan, KH Mustofa Bisri, Pj Bupati Pasuruan Andriyanto, dan Plt Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo.

Plt Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo mengatakan, pemerintah Kota Pasuruan menyiapkan pasukan keamanan, kesehatan, kebersihan, videotron hingga tempat parkir dan tempat beristirahat bagi jamaah haul.

Jauh hari sebelum rangkaian haul dimulai, Pemkot Pasuruan sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak yang terlibat. Hal itu untuk memudahkan komunikasi dan dukungan yang diberikan.

BACA JUGA:Ketum PBNU, Mahfud MD, dan Erick Thohir Hadir di Haul Ke-42 KH Abdul Hamid Pasuruan

BACA JUGA:Lautan Manusia di Haul ke-42 KH Abdul Hamid bin Abdulloh bin Umar Pasuruan

"Pemerintah Kota Pasuruan melakukan berbagai upaya dalam melayani jamaah haul. Ada ribuan petugas, baik TNI, Polri, Satpol PP, Petugas PMI, Petugas Dinas Kesehatan, Petugas Kebersihan, Petugas Jaringan dan lainnya, " ujar Mas Adi setelah menghadiri acara haul. 

Menurutnya, haul KH Abdul Hamid bin Abdulloh bin Umar ini merupakan kebanggaan bagi Kota Pasuruan karena tidak terhitung jumlah jamaah dari dalam dan luar kota yang datang.

Bahkan, bukan hanya di saat haul saja. Peziarah setiap hari tidak pernah sepi datang ke makam ulama yang dikenal sebagai waliyullah itu. 

BACA JUGA:Rapat Koordinasi Pematangan Persiapan Haul KH Abdul Hamid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: