Pemkab Pasuruan Dukung Program Inisiatif Kapolresta untuk10 Ribu CCTV

Pemkab Pasuruan Dukung Program Inisiatif Kapolresta untuk10 Ribu CCTV

Imbauan Kapolres Pasuruan Kota untuk 10 ribu CCTV di sepanjang kota dan kabupaten -Istimewa-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Kapolres Pasuruan Kota AKBP Davis Busin menginisiasi program 10 ribu closed circuit television (CCTV) di sudut-sudut jalan raya dan termasuk kawasan permukiman warga. Program tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan lingkungan dan membantu penindakan cepat atas peristiwa yang terjadi.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan sudah menyiapkan sejumlah kamera perekam situasi atau cctv di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Pasuruan. 

AKBP Davis Busin menjelaskan, program 10 ribu CCTVmerupakan sinergitas Polri bersama stakeholder terkait sehingga dengan banyaknya CCTV akan memudahkan aparat jika mendapatkan laporan peristiwa. 

"Program ini bertujuan supaya keamanan lingkungan sama-sama dalam pengawasan. CCTV memudahkan jika ada laporan peristiwa yang mungkin minim saksi," ujar Davis. 

BACA JUGA:Hari Jadi ke-1.095 Kabupaten Pasuruan, Pj Bupati Bangga Kekayaan Potensi Daerah

Saat ini Pemkab Pasuruan memiliki sekira 30 titik CCTVyang terpasang di beberapa sudut jalan raya dan perkantoran. Ridwan Harris, kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan mengungkapkan, pihak Pemkab Pasuruan sudah memasang CCTVdi beberapa ruas jalan. Meskipun jumlahnya masih sangat sedikit, tapi pihaknya mengupayakan akan ada penambahan CCTVtersebut.

"Jumlahnya yang terpasang memang masih sangat sedikit ya. Semoga di tahun depan bisa ada penambahan," ungkap Harris. 

Pengadaan tambahan CCTVdikatakan Harris masih harus melalui usulan di tahun anggaran mendatang. Untuk menyukseskan program Kapolresta tersebut, menurut Harris, pihaknya ikut menyosialisasikan kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan memasang CCTVmandiri. Mengingat pentingnya fungsi CCTVsaat ini khususnya untuk menjaga keamanan lingkungan. 

"Masyarakat juga dilibatkan dalam program 10 ribu CCTVtersebut. Jadi, masyarakat bisa memasang CCTVmandiri juga dan memang sekarang manfaat CCTVsangat terasa. Banyak peristiwa kriminal yang bisa terekspose karena bantuan CCTVmilik warga," kata Harris.

Harris menambahkan, untuk mengoptimalkan CCTVmilik Pemkab Pasuruan, pihaknya juga berkoordinasi dengan dinas perhubungan setempat. "Kondisi semua CCTVmasih sangat bagus. Untuk mengoptimalkan CCTVkami dibantu Dishub," imbuh Harris. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: