Pilot Susi Air bebas, Polisi - TNI Gunakan Soft Approach Ke KKB Papua

Pilot Susi Air bebas, Polisi - TNI Gunakan Soft Approach Ke KKB Papua

Pilot Susi Air berhasil dibebaskan oleh Polri-TNI setelah 1,5 tahun disandera--Humas Mabes Polri

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Setelah kurang lebih 1,5 tahun akhirnya Pilot Susi Air dibebaskan. KKB Egainus Kogoya menyandra Pilot Philip akhirnya dibebaskan setelah Polri dan TNI melakukan perundingan. Pembebasan dilakukan secara soft approach tanpa adanya kekerasan.

Pendekatan tersebut mengolaborasikan berbagai pihak selain Polri dan TNI. Mulai dari tokoh gereja, tokoh adat, hingga keluarga dekat dari Egainus Kogoya. Itulah yang berperan membantu proses pembebasan Pilot Susi Air. "Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri," jelas Brigjen Pol Faizal Ramadhani.

BACA JUGA:Operasi Pembebasan Pilot Susi Air, Prajurit TNI Tewas Tertembak

BACA JUGA:Sadis! Selain Menyandera Pilot Susi Air, Egianu Kagoya Bunuh Bocah

Pilot Philip berhasil bebas dan dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024. Philip dijemput di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga kemudian diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Komisaris Besar Polisi (KBP) Bayu Suseno menjelaskan bahwa Pilot Philip berhasil dibebaskan.  

Saat di Timika, Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk memitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologisnya. Kondisi Philip masih cukup sehat meskipun sudah ada banyak penurunan berat badan. (*)

BACA JUGA:Sudah 10 Hari Pilot Susi Air Disandera OPM, TNI-Polri Bentuk Timsus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: