Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Mulai Beroperasi, Tarif 0 Rupiah Alias Gratis

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo Mulai Beroperasi, Tarif 0 Rupiah Alias Gratis

PT Jasa Marga Solo-Yogyakarta menyambut pengendara pertama Jalan Tol Solo-Yogyakarta segmen Kartasura Klaten yang mulai menggunakan Jalan Tol pada Jumat, 20 September 2024 pukul 00.00. Tarif tol untuk masa awal akan dikenakan gratis-Jasa Marga-

BOYOLALI, HARIAN DISWAY - Jalan Tol Solo-Yogyakarta pada segmen pertama yang membentang dari Kartasura hingga Klaten resmi beroperasi mulai JUmat, 20 September 2024 pukul 00.00 WIB. 

Untuk pengoperasian hari pertama ini, PT Jasamarga Jogja Solo tidak mengenakan tarif bagi pengguna jalan tol alias gratis. 

Menurut rencana, Jalan Tol Solo-Yogyakarta dimulai dari Kartasura yang tersambung langsung dengan Jalan Tol Transjawa Solo-Ngawi. Jalan Tol ini akan membentang dari Solo, Klaten hingga berakhir di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo

Saat ini, pemerintah telah menyelesaikan pembangunan bagian pertama dari Jalan Tol Solo-Yogyakarta seksi 1 (Kartasura-Purwomartani) yakni dari Kartasura hingga Klaten sepanjang 22,3 kilometer. 

BACA JUGA:Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartosuro-Purwomartani Rampung Tahun 2024

Sebelumnya, ruas ini telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pada Kamis, 19 September 2024 di Gerbang Tol (GT) Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah. 


Gerbang Tol Banyudono di Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Jasa Marga-

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah mengatakan bahwa pasca diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo (Jogja-Solo) segmen Kartasura-Klaten langsung dibuka untuk umum, yang mana pengoperasiannya dilakukan pada Jumat, 20 September 2024 mulai pukul 00.00 WIB.

"Dengan diresmikannya Segmen Kartasura-Klaten, maka jalan tol tersebut sudah beroperasi penuh per Jumat, 20 September 2024 tanpa tarif. Masyarakat dapat memanfaatkan jalan tol ini dengan tarif nol rupiah selama beberapa waktu ke depan, sebagai bentuk sosialisasi kami kepada para pengguna jalan tol," kata Rudy.

BACA JUGA:Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Jalan Tol Akses Ke KIPP IKN, Target Rampung Juni 2025

Sebagai simulasi, Rudy Hardiansyah menerangkan pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus dari arah Barat dan Timur Jalan Tol Trans Jawa menuju Klaten yang keluar melalui Gerbang Tol (GT) Banyudono, GT Polanharjo dan GT Klaten dan sebaliknya akan tetap dikenakan tarif Jalan Tol Trans Jawa. Sementara untuk masyarakat yang masuk melalui GT Banyudono menuju GT Polanharjo dan GT Klaten dan sebaliknya pengguna tidak dikenakan tarif (nol rupiah).


Gerbang Tol Klaten yang merupakan ujung dari segmen 1 seksi 1 Jalan Tol Solo-Yogyakarta yang rencananya akan dibangun mulai Kartasura hingga Purwomartani di Sleman, Yogyakarta-Jasa Marga-

"Walaupun dikenakan tarif nol rupiah, pengguna jalan tetap harus menyiapkan kartu uang elektronik dengan saldo yang cukup untuk tapping sebelum memasuki dan keluar gerbang tol sekaligus tetap memperhatikan unsur keselamatan bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya," terang Rudy.

Dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pengendara, Jalan Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo seksi 1 Kartasura-Klaten juga dilengkapi Closed-Circuit Television (CCTV) serta Dynamic Message Sign (DMS) yang tersebar di sepanjang ruasnya. Untuk layanan lalu lintas tersedia 2 unit Mobile Customer Service (MCS), 1 unit ambulans, 1 unit kendaraan rescue, 2 unit kendaraan derek, dan 1 unit PJR (Patroli Jalan Raya). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: