Piala Suhandinata 2024 Gunakan Format Baru, Ini Penjelasan Sistem Relay Point

Piala Suhandinata 2024 Gunakan Format Baru, Ini Penjelasan Sistem Relay Point

Piala Suhandinata 2024 menggunakan sistem skoring relay point-BWF-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Badminton World Federation (BWF) melakukan inovasi. Mereka mengubah format pertandingan di Kejuaraan Dunia Junior Beregu 2024. Perubahan itu meliputi sistem skoring yang kini menggunakan sistem relay point.

Biasanya, pertandingan menggunakan skor 21x3. Tetapi dalam turnamen yang memperebutkan Piala Suhandinata itu, menjadi relay point dengan total 110 poin. Ini merupakan kali pertama sistem itu diterapkan.

Sistem relay point sendiri menggunakan akumulasi angka. Satu pertandingan berisi 10 partai. Masing-masing dengan dua partai untuk sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Partai pertama akan mencari 11 poin dengan rally point tanpa deuce. Dilanjutkan partai kedua mencapai 22 poin dan partai seterusnya berlaku kumulatif.

BACA JUGA:Kalah 1-3 dari Tiongkok, Piala Suhandinata Gagal Pulang ke Indonesia

BACA JUGA:Ayo Rebut Lagi! Tim Beregu Campuran Junior Indonesia Tantang Tiongkok di Final Piala Suhandinata 2023

Pemenangan merupakan tim yang mencapai 110 poin terlebih dahulu (penjelasan lengkap di bawah).


KALAH 1-3 dari Tiongkok, Piala Suhandinata gagal pulang ke Indonesia.-PP PBSI-

Perubahan itu disambut baik oleh PBSI. Dalam keterangan resminya pada Kamis, 26 September 2024, pelatih tunggal putra pratama Nunung Subandoro mengungkapkan timnya antusias dengan sistem baru.

"Perubahan skor ini menarik. Pengalaman baru untuk anak-anak," ucap Nunung.

"Apalagi di junior dengan sesuatu yang baru mereka akan lebih excited. Kami sudah melakukan simulasi kemarin sebagai bentuk adaptasi dan pengalaman bertanding," paparnya.

BACA JUGA:Konsisten di Empat Turnamen, Fikri/Daniel Melesat 30 Level di Peringkat BWF

BACA JUGA:Gagal Juara di Hongkong dan China Open, Ini Evaluasi Pelatih Tunggal Putra

Piala Suhandinata berlangsung pada 30 September hingga 5 Oktober 2024 di Nanchang, Tiongkok. Tim Indonesia akan berangkat pada Jumat, 27 September 2024. Setelah turnamen beregu, dilanjutkan turnamen individu pada 7-13 Oktober 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi