Kalah 1-3 dari Tiongkok, Piala Suhandinata Gagal Pulang ke Indonesia

Kalah 1-3 dari Tiongkok, Piala Suhandinata Gagal Pulang ke Indonesia

KALAH 1-3 dari Tiongkok, Piala Suhandinata gagal pulang ke Indonesia.-PP PBSI-

HARIAN DISWAY - Indonesia gagal membawa pulang Piala Suhandinata, lambang supremasi Kejuaraan Dunia Beregu Campuran Junior 2023.

Dalam final yang digelar pada Minggu dini hari, 1 Oktober 2023 WIB di Spokane, Washington, Amerika Serikat, tim muda Indonesia harus mengakui keunggulan Tiongkok 1-3.

Indonesia gagal mengulang capaian pada 2019, ketika Leo Rolly Carnando dkk sukses mempecundangi Tiongkok 3-1. Sedangkan Tiongkok meraih Piala Suhandinata untuk ke-14 kalinya.

BACA JUGA: Ayo Rebut Lagi! Tim Beregu Campuran Junior Indonesia Tantang Tiongkok di Final Piala Suhandinata 2023

"Kepada masyarakat Indonesia, kami mohon maaf karena gagal menyamakan kedudukan 2-2 melawan Tiongkok. Semoga dalam kondisi apapun terus mendukung kami," kata Nikolaus Joaquin, pemain ganda putra Indonesia, dalam keterangan resminya yang dikutip PP PBSI.


KALAH 1-3 dari Tiongkok, Piala Suhandinata gagal pulang ke Indonesia.-PP PBSI-

Dalam pertandingan yang digelar di The Podium Arena, Spokane itu, Indonesia memang tertinggal lebih dulu. Ganda campuran Liao Pin Yi/Zhang Jia Han memenangkan partai pembuka. Mereka mengalahkan Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai 21-19, 21-14.

"Secara permainan, di game pertama sebenarnya berjalan ketat. Cuma kami di akhir-akhir sempat kehilangan fokus, sehingga akhirnya kalah," ungkap Jonathan Farrell Gosal.

BACA JUGA: Tim Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia Gigit Jari di Asian Games

"Di game kedua, kami sudah berusaha bangkit tetapi tidak bisa keluar dari tekanan lawan. Ketinggalan terus poinnya," tuturnya.

Alwi Farhan sempat membawa harapan bagi Indonesia. Ia berhasil menyamakan kedudukan di partai kedua. Alwi mampu mengalahkan Hu Zhe An dalam rubber game 21-15, 19-21, 21-13.

Indonesia kembali tertinggal setelah Mutiara Ayu Puspitasari gagal membendung laju Xu Wen Jing. Lebih diunggulkan karena berstatus juara dunia junior, Mutiara juga tidak berhasil menyumbangkan poin. Lewat rubber game yang berlangsung selama 56 menit, dia menyerah 12-21, 21-19, 11-21.

BACA JUGA: Bulu Tangkis Beregu Putri di Perempat Final Asian Games 2022 Terganjal oleh Tiongkok

Tiongkok pun memastikan kemenangan dalam partai keempat. Ganda putra mereka, Ma Shang/Zhu Yi Jun menumbangkan Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin 21-16, 21-16.


KALAH 1-3 dari Tiongkok, Piala Suhandinata gagal pulang ke Indonesia.-PP PBSI-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi