Penghapusan UN Hambat Lulusan SMA Masuk Kampus Luar Negeri, Ini Tanggapan Kemendikbudristek

Penghapusan UN Hambat Lulusan SMA Masuk Kampus Luar Negeri, Ini Tanggapan Kemendikbudristek

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek, Anindito Aditomo-Menjelaskan manfaat AI dalam pendidikan-Kemenkominfo

Karenanya, penghapusan UN tidak akan memengaruhi peluang pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi di dalam maupun luar negeri.

“Ketika UN masih diberlakukan pun murid Indonesia tidak bisa langsung diterima perguruan tinggi di beberapa negara, seperti Jerman,” jelasnya.

BACA JUGA:DPR Sebut Upaya Pencegahan Bullying di Lingkungan Sekolah Telah Gagal: Kalau Tidak Viral, Tidak Akan Diusut

Sebaliknya, setelah penghapusan UN beberapa perguruan tinggi, seperti University of Melbourne di Australia, menyimpulkan bahwa capaian dalam Kurikulum Merdeka setara dengan capaian di kurikulum Australia.

"Dengan begitu, murid lulusan Kurikulum Merdeka bisa langsung mendaftar (direct entry) ke Melbourne University tanpa mengikuti persiapan pra-kuliah lagi," tambahnya.

Akan tetapi, ia juga mengakui bahwa masih ada beberapa kampus luar negeri yang memerlukan hasil tes standar. hasil ini bisa diperoleh dari tes yang diselenggarakan untuk seleksi masuk PTN di Indonesia.

"Terkait hal ini, Kemendikbudristek terus melakukan sosialisasi, termasuk melalui Atase Pendidikan di luar negeri," tandas Andito.

 

*)Mahasiswa Universitas Airlangga, Peserta Magang Reguler di Harian Disway

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: