Tak Hanya G30S/PKI, 30 September Juga Diperingati sebagai Hari Penerjemah Internasional

Tak Hanya G30S/PKI, 30 September Juga Diperingati sebagai Hari Penerjemah Internasional

Film G30S PKI dan Nasibnya Saat Ini---Istimewa

HARIAN DISWAY - Tanggal 30 September 2024 Jatuh pada hari senin besok, Seperti yang sudah banyak orang ketahui tanggal 3O september di peringati sebagai peringatan Gerakan 30 september/PKI. Selain peringatan G30S/PKI adapula peringatan lainya pada tanggal 30 September yang jarang orang ketahui, apa aja sih? simak ulasanya.

Gerakan 30 September/PKI adalah sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi pada malam tanggal 30 September hingga awal 1 Oktober 1965 di Indonesia. Peristiwa ini juga dikenal sebagai sebautan Gestapu (gerakan september tiga puluh) dan Gestok (Gerakan satu oktober).

Gerakan ini melibatkan pembunuhan enam perwira tinggi militer indonesia dan beberapa orang lainnya dalam usaha percobaaan kudeta yang kemudian dituduhkan kepada anggota partai komunis Indonesia (PKI).

Dan beberapa perwira yang gugur dalam G30S/PKI yaitu, Letjen Anumerta Ahmad Yani, Mayjen Raden Soeprapto, Mayjen Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen Siswondo Parman, Brigadir Jendral Donal Isaaac Panjaitan, Brigadir Jendral Suto Siswodiharjo, Dan Letnan Pierre Andreas

BACA JUGA:Aksi Heroik Teatrikal Perobekan Bendera Surabaya, Peringati 19 September 1945

BACA JUGA:Hari Radio Nasional 11 September, Peringatan Lahirnya Radio Pertama RI

Tujuan Gerakan 30 september PKI ini adalah untuk pengambilan kekuasaan, mendukung agenda komunis, menghapus pengaruh militer, menghapus faksi-faksi tertentu dan menciptakan perubahan sosial. 

Selain peringatan G30S/PKI, 30 September juga diperingati sebagai hari penting lain.

Hari penerjemah Internasional, Penerjemah memiliki peran penting dalam menyatukan bahasa-bahasa di berbagai negara, menjadikan dialog lebih mudah, kerjasama dan pemahaman yang berkontribusi pada pembangunan dan juga keamanan dunia.

Majelis Umum PBB mengadopsi pada tanggal 24 Mei 2017. tentang peranan profesional bahasa dalam menghubungkan berbagai negara-negara perdamaian dan juga kesatuan.

Pada tanggal yang sama, terjadi deklarasi setiap tanggal 30 September diperingati sebagai hari apa, berbagai hal yang bisa dilakukan pada hari penting seperti yang bisa kita lakukan yaitu  menyelenggarakan seminar tentang penerjemahan.

*) Mahasiswa Program MBKM Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Harian Disway 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: