Rumor Masuknya Budi Gunawan ke Kabinet Prabowo, PDIP Tegaskan Belum Ada Keputusan Resmi

 Rumor Masuknya Budi Gunawan ke Kabinet Prabowo, PDIP Tegaskan Belum Ada Keputusan Resmi

Rumor dan spekulasi Budi Gunawan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), bergabung sebagai menteri pada susunan kabinet Prabowo. --

HARIAN DISWAY - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan menjadi sorotan setelah muncul rumor yang menyebutkan dirinya akan bergabung dalam kabinet presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Isu ini berkembang di tengah pembicaraan terkait susunan kabinet baru yang akan dibentuk. Kedekatan Budi Gunawan dengan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, dianggap sebagai salah satu faktor yang memperkuat rumor tersebut.

Sejumlah pihak menilai relasi Budi dengan Megawati, yang pernah menjadi ajudan Megawati saat ia menjabat sebagai presiden, dapat menjadi modal penting untuk mendapatkan posisi strategis di kabinet Prabowo.

BACA JUGA: Klasemen Liga 1 Pekan ke-7 Sebelum Jeda FIFA Matchday, Persebaya Aman di Puncak

Partai Gerindra dan PDI Perjuangan saat ini sedang membahas susunan kabinet yang akan diisi oleh sejumlah nama berpengaruh dari kedua partai. Namun, hingga kini, belum ada pengumuman resmi.

Terkait nama-nama yang akan masuk dalam jajaran kabinet pemerintahan baru. Nama Budi Gunawan menjadi salah satu yang paling sering disebut, menimbulkan spekulasi dan perdebatan publik terkait peran yang akan diembannya.

Reaksi publik terhadap kemungkinan Budi bergabung dalam kabinet pun beragam. Di satu sisi, banyak yang mendukung karena rekam jejak Budi yang dinilai solid dan berpengalaman di berbagai posisi strategis.

BACA JUGA: Kemenag Apresiasi 5 Rekomendasi Pansus Angket Haji, Tekankan Perbaikan Regulasi

Namun, di sisi lain, ada juga kekhawatiran terkait dengan independensi lembaga intelijen jika Kepala BIN terjun ke dalam pemerintahan. Banyak pihak berharap bahwa siapa pun yang akan masuk ke kabinet tak menjadi masalah.

Asalkan independensi dan profesionalisme tetap menjadi landasan dalam menjalankan tugas negara. Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, turut memberikan tanggapan terkait rumor ini.

Menurutnya, Prabowo sudah memiliki daftar nama yang sedang dipertimbangkan untuk menjadi bagian dari kabinetnya. Namun, Dahnil mengaku belum mengetahui secara pasti apakah nama Budi Gunawan termasuk di dalam daftar tersebut.

BACA JUGA: Pilkada Serentak dan Pemberantasan Korupsi

"Pak Prabowo sudah memiliki nama-nama yang dipertimbangkan, tapi mengenai rumor ini saya belum bisa mengonfirmasinya," ujar Dahnil. Di sisi lain, Juru Bicara PDI Perjuangan Chico Hakim menyampaikan tanggapannya.

Ia menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari partai terkait apakah PDIP akan berada di dalam atau di luar pemerintahan Prabowo-Gibran. Hal ini disampaikan Chico dalam menanggapi pertanyaan.

Mengenai sejumlah kader internal PDIP yang disebut-sebut akan masuk dalam jajaran kabinet Termasuk nama Budi Gunawan dan Abdullah Azwar Anas, Menteri PAN-RB saat ini. Mneurutnya, penunjukan menteri adalah hak prerogatif presiden.

BACA JUGA: Konser Tunggal Perdana Secret Number Superseru, Minji Nyanyikan Lagu Tiara Andini

Namun jika melibatkan kader dari PDI Perjuangan, harus melalui persetujuan partai. "Jika ada kader kami yang akan duduk di kabinet, tentu harus ada persetujuan dari partai. Sampai saat ini, PDIP belum memutuskan," katanya.

"Apakah akan berada di dalam atau di luar pemerintahan," lanjut Chico. Chico menggarisbawahi bahwa keputusan strategis terkait posisi PDIP di pemerintahan Prabowo akan diputuskan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Hingga keputusan tersebut diumumkan, semua pihak masih menunggu perkembangan lebih lanjut mengenai susunan kabinet Prabowo-Gibran yang diharapkan akan segera diumumkan. Masyarakat terus menantikan kabar resmi.

BACA JUGA: Fikom Unitomo Luluskan Orang-Orang Hebat

Sebab keputusan itu dianggap akan menentukan arah pemerintahan selama lima tahun ke depan. (*)

*) Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, program MBKM magang Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: