Pertumbuhan Ekonomi Jatim Terbaik di Pulau Jawa, Motor Penggerak Pembangunan Nasional

Pertumbuhan Ekonomi Jatim Terbaik di Pulau Jawa, Motor Penggerak Pembangunan Nasional

Komisari Independen Bank Jatim Prof H.M. Mas'ud Said--ISNU Jatim

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Perekonomian Jawa Timur terus menunjukkan tren positif. Pada Triwulan II 2024, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur 4,98 persen. Angka ini menjadi yang tertinggi di Pulau Jawa. Mengalahkan DKI Jakarta, Banteng, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Capaian itu menjadi modal bagi Jawa Timur untuk menjadi central gravity dalam pembangunan nasional. Posisi geografis Jawa Timur strategis. Menjadi hub distribusi barang ke wilayah Indonesia bagian timur. Juga berperan besar sebagai rantai pasok nasional. 

"Jawa Timur tidak hanya berperan sebagai pusat ekonomi, tetapi juga sebagai motor penggerak pembangunan nasional, dengan potensi untuk terus berkembang," ujar Komisaris Independen Bank Jatim Prof H.M. Mas'ud Said di sela-sela pengukuhan kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur Yunita Linda Sari, Selasa, 1 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Inilah yang Membuat Elektoral Khofifah-Emil Melambung

BACA JUGA:Khofifah Makan Siang Bersama Karyawan PT Kedawung, Menunya Sayur Asem dan Ikan Asin

Mas'ud optimistis berbagai kebijakan pro-rakyat dan pro-industri menjadi kunci keberhasilan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.  "Jawa Timur siap menjadi provinsi pelopor pembangunan nasional," ungkap ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim itu. 

Sinergi antara pemerintah, perbankan, dan lembaga keuangan seperti OJK, kata Mas'ud, mutlak diperlukan untuk menciptakan ekosistem ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Kebijakan yang berpihak kepada masyarakat luas dan sektor industri itu akan memperkuat fondasi ekonomi Jawa Timur. 

Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang terus terjaga itu, menurut Mas'ud, mencerminkan keberhasilan implementasi kebijakan pembangunan yang telah dijalankan. Berbagai sektor, mulai dari industri, perdagangan, hingga pariwisata, menunjukkan tren positif. Dengan adanya dukungan penuh dari berbagai pihak, Jawa Timur siap melanjutkan perannya sebagai penggerak ekonomi nasional.

BACA JUGA:Kapolri Angkat 3 Kapolrestabes Baru di Jawa Timur, Ini Torehan Prestasi Mereka!

BACA JUGA:87 Anggota DPR RI Dapil Jatim Ikut Dilantik Hari Ini, Berikut Daftarnya!

Direktur pascasarjana Unisma itu berharap kepala OJK Jawa Timur Yunita Linda Sari menguatkan peran OJK dalam pembangunan ekonomi di Jawa Timur. Tentu dengan semakin memperkuat pengawasan dan pengendalian sektor keuangan di Jawa Timur. 

OJK diharapkan mampu memfasilitasi pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan iklim yang sehat bagi sektor perbankan dan keuangan, serta memastikan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan perlindungan konsumen. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: