Miguel Oliveira Kecelakaan di Sirkuit Mandalika, Terancam Absen di Sisa Musim

Miguel Oliveira Kecelakaan di Sirkuit Mandalika, Terancam Absen di Sisa Musim

Update dari tim satelit Aprilia Track House Racing, terkait kondisi cedera Miguel Oliveira yang didapatnya saat lakoni latihan bebas pertama hari Jumat (27/9) di GP-Mandalika--Twitter Trackhouse MotoGP @TrackhouseMoto

HARIAN DISWAY - Miguel Oliveira mengalami insiden dalam sesi latihan pertama Grand Prix Mandalika-Indonesia pada hari Jumat, 27 September 2024 yang mengakibatkan patah tulang di lengan kanannya. Padahal, pembalap asal Portugal ini memiliki kenangan manis di GP Mandalika, setelah meraih kemenangan pada 2022.

Kecelakaan terjadi ketika Oliveira memasuki tikungan 4. Saat menikung ke kiri, motornya kehilangan kendali, membuatnya terlempar ke udara dan terhempas ke lintasan.

Oliveira mengungkapkan bahwa kecelakaannya disebabkan oleh "masalah kelistrikan di motor," yang mengakibatkan hilangnya kontrol traksi dan berujung pada kecelakaan.

Kontrol traksi merupakan alat penting bagi pembalap MotoGP, karena membantu meminimalisir risiko highside, terutama ketika mereka melibas tikungan dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA:Profil Aki Ajo, Manajer Tim KTM Musim Depan yang Pernah Lahirkan Marc Marquez

BACA JUGA:Jorge Martin Juarai MotoGP Mandalika 2024, Perebutan Juara Dunia Makin Panas

Dilansir dari MotoGP.com, highside adalah jenis kecelakaan di mana roda belakang meluncur ke arah berlawanan saat menikung, kemudian tiba-tiba mendapatkan kembali grip, sehingga motor dan pengendaranya terlempar ke udara.

MotoGP menggunakan banyak perangkat elektronik yang dipasang di motor untuk membantu pembalap berkompetisi di level tertinggi, jauh lebih canggih dibandingkan dengan kelas-kelas sebelumnya.

Setelah insiden tersebut, Oliveira segera mendapatkan pertolongan di pusat medis sirkuit sebelum dievakuasi ke rumah sakit setempat menggunakan helikopter untuk memeriksa tingkat keparahan cederanya.

Menurut informasi dari paddock, Oliveira mengalami patah tulang radius di lengan kanannya. Setelah menjalani tes diagnostik, fraktur tersebut direduksi dan diimobilisasi. Oliveira kemudian terbang kembali ke Lisbon untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Di Lisbon, ia dirawat oleh Dr. Gonçalo Morais Sarmento dan timnya di Rumah Sakit Sant'Ana, Parede. Operasi dilakukan pada Selasa, 1 Oktober 2024 pagi, di mana sebuah pelat ditanamkan untuk menstabilkan tulangnya.

BACA JUGA:GP Mandalika 2024: Martin Tercepat, Acosta dan Bagnaia Sempurnakan Podium

BACA JUGA:GP Indonesia 2024: Marc Marquez Finis Perdana di Mandalika, Pecco Bagnaia Menangi Sprint Race

Miguel Oliveira kini akan menjalani masa pemulihan yang cermat, fokus pada keberhasilan operasi. Minggu pertama akan menjadi masa istirahat total baginya, sebelum ia dapat mengevaluasi dan menentukan strategi terbaik untuk kembali ke lintasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: