Akreditasi PTKIN Meningkat Pesat, Kini Sudah 18 yang Unggul

Akreditasi PTKIN Meningkat Pesat, Kini Sudah 18 yang  Unggul

Direktur Diktis Kemenag Ahmad Zainul .-Raka Denny-Harian Disway-

10. Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan 

11. Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

12. Universitas Islam Negeri Salatiga 

13. Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon  

14. UIN Palopo. 

 

Hingga saat ini, terdapat 59 lembaga PTKIN yang terdiri dari 30 universitas, 24 institut, dan 5 sekolah tinggi. Sementara itu, jumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) mencapai 848, terdiri dari 60 universitas, 106 institut, 608 sekolah tinggi, dan 74 lembaga Fakultas Agama Islam (FAI) 

Akreditasi Prodi Internasional 

Kemenag juga mencatat adanya akreditasi 41 program studi internasional di tiga universitas, yaitu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tidak hanya itu, Kemenag juga melaporkan penambahan yang signifikan dalam jumlah guru besar dan lektor kepala. 

Hingga tahun 2024, total terdapat 718 guru besar baru dan 1.281 lektor kepala baru dari berbagai rumpun ilmu umum dan agama. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, riset, reputasi, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. 

PTKI World Rank University 

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi salah satu perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama yang berhasil mencatatkan prestasi dunia dengan menempati ranking 101-104 internasional pada pemeringkatan QS World University Ranking (QS WUR) 2024 untuk klaster Theology, Divinity, dan Religious Studies. Tak hanya itu, saat ini sudah ada jurnal PTKI sejumlah 42 yang terindeks Scopus. Jurnal PTKI juga masuk dalam 37 besar ranking level Asia dan 7 Jurnal masuk 50 besar ranking dunia. Yang semuanya di bawah kategori religious studies. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: