Akreditasi PTKIN Naik 160 Persen, Menag Gus Yaqut Acungi Jempol

Akreditasi PTKIN Naik 160 Persen, Menag Gus Yaqut Acungi Jempol

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat Religion Festival di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2024. -Kemenag-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Kualitas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terus meningkat di bawah pengelolaan Kementerian Agama. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberi apresiasi.

"Saya juga sampaikan fakta akreditasi perguruan tinggi negeri sudah meningkat 160 Persen dari 7 ke 18 PTKIN. Ini tentu hal yang luar biasa," kata Gus Men, sapaan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat Religion Festival yang dihelat di Ji Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 9 Oktober 20204. 

BACA JUGA:Akreditasi PTKIN Meningkat Pesat, Kini Sudah 18 yang Unggul

BACA JUGA:Gus Yaqut Lega, 99,1 Persen Anak Buahnya Bangga Bekerja di Kemenag

Tidak hanya soal akreditasi. Inovasi yang dikembangkan juga mendapat acungan jempol Gus Yaqut. Kementerian agama juga terus berinovasi dengan mendirikan UIN Cyber Syekh Nurjati Cirebon sebagai universitas Islam Negeri pertama di Indonesia. "Hari ini ada 4.200 mahasiswa yang belajar melalui universitas ini. Ini tentu memberikan afirmasi yang luar biasa terutama bagi para santri yang tidak memiliki waktu atau tidak memiliki biaya," jelasnya. 

Dengan inovasi ini, memungkinkan santri mendapat akses pendidikan tinggi dengan biaya ringan dan beasiswa. Bahkan memungkinkan mereka untuk belajar dari rumah. "Ini terobosan-terobosan yang kita berikan untuk memberikan ruang kepada para santri agar meraih pendidikan tinggi," ujar menag.

BACA JUGA:Hari Santri 2024, Ini Logo, Tema, dan Theme Song yang Baru Saja Dirilis Menteri Agama

BACA JUGA:Cyber Islamic University Dorong Transformasi Digital Pendidikan di Kemenag

Dalam sesi Wrap Up di ajang Religion Festival menag juga menyampaikan bahwa dalam 10 tahun terakhir Kemenag menjadi institusi yang Faster, Better, dan Stronger. Direktur Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Prof Ahmad Zainul Hamdi menjelaskan, kata kunci kedua yakni Better terkait pendidikan agama dan keagamaan.  


Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi (kanan) dan Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Ahmad Fauzin (tengah) menjadi bagian dari capaian apik Kemenag. -Raka Denny-Harian Disway-

Menurutnya, saat ini hampir semua lembaga pendidikan yang dikelola Kemenag masuk dalam kategori unggulan. Bahkan, Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) adalah SMA terbaik di Indonesia saat ini. 

Di tingkat perguruan tinggi keagamaan, Kemenag mengembangkan UIII (Universitas Islam Internasional Indonesia) yang merupakan proyek strategis nasional dengan menjadikan kampus sebagai bagian diplomasi internasional tentang Islam Indonesia yang rahmatan lil alamin. "Kemenag juga mengembangkan Cyber Islamic University (CIU). Perguruan tinggi ini tidak hanya melayani mahasiswa di wilayah 3T, tetapi juga warga negara Indonesia di luar negeri," katanya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: