Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-37 Tahun 2024: Ajang Mahasiswa Berkontestasi Membangun Prestasi

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-37 Tahun 2024: Ajang Mahasiswa Berkontestasi Membangun Prestasi

REKTOR Universitas Airlangga (Unair) Prof Muhammad Nasih memberikan sambutan di acara Pimnas Ke-37.-Humas Unair-

TIDAK hanya didorong peka dan aktif dalam kegiatan politik praksis menyuarakan suara rakyat, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk berkontestasi dalam berbagai kegiatan akademik. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-37 yang diselenggarakan Universitas Airlangga (Unair) adalah bagian dari upaya untuk mendorong pertumbuhan inovasi, kreativitas, dan hasrat akademik mahasiswa.

Pimnas merupakan tahap akhir dari pelaksanaan kegiatan program kreativitas mahasiswa (PKM) yang merupakan program Dir. Belmawa Ditjen Dikti-Ristek dan Dir. APTV Ditjen Dikti. Pimnas diselenggarakan kali pertama pada 2020 oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang sebelumnya diselenggarakan Dir. Belmawa Ditjen Dikti-Ristek. 

Tujuan diselenggarakan Pimnas adalah menyediakan wadah bagi mahasiswa agar dapat mempresentasikan hasil PKM dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Mahasiswa diharapkan dapat memperoleh manfaat yang besar bagi peningkatan kreativitas di bidang ilmunya masing-masing. 

BACA JUGA: PIMNAS Ke-37 Dimulai, Rektor Unair: Ajang Unjuk Ide Mahasiswa Indonesia

BACA JUGA: Unair Jadi Tuan Rumah Pimnas ke-37, Undang Pebisnis untuk Nilai Karya Mahasiswa

Mereka tidak hanya berkesempatan untuk memperlihatkan kreasi dan prestasinya, tetapi juga berkesempatan untuk saling menyapa dan membangun jejaring dengan sesama mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi.

Tahun 2024 ini, Universitas Airlangga menyelenggarakan Pimnas Ke-37 dengan maksud untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa, mengembangkan komunikasi ilmiah, memacu dan membudayakan kreativitas dan penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). 

Pimnas Ke-37 dibuka Rektor Universitas Airlangga Prof Muhammad Nasih di Airlangga Convention Center (ACC), Selasa, 15 Oktober 2024. 

Sebanyak 525 tim dari berbagai perguruan tinggi di tanah air turut berkompetisi dan menyemarakkan Pimnas kali ini.

BACA JUGA: Menyikapi Mahasiswa Unair yang Terancam Drop Out

BACA JUGA: Cegah Korupsi sejak Mahasiswa Unair

AJANG MAHASISWA 

Rektor Universitas Airlangga menyatakan bahwa Pimnas adalah sebuah ajang yang prestisius bagi para mahasiswa. Dalam forum itu, mahasiswa yang hadir adalah orang-orang pilihan. 

Mereka adalah para finalis berbagai lomba yang diselenggarakan panitia seperti lomba poster, lomba penelitian, karya cipta, kewirausahaan, karya inovatif, gagasan futuristis tertulis, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: