Johannis Winar Gantikan Milos Pejic, Timnas Basket Indonesia Dipimpin Pelatih Lokal Lagi

Johannis Winar Gantikan Milos Pejic, Timnas Basket Indonesia Dipimpin Pelatih Lokal Lagi

Johannis Winar menjadi pelatih baru timnas basket putra Indonesia usai membawa Pelita Jaya juara dua kali pada 2024-Ariya Kurniawan/IBL-

JAKARTA, HARIAN DISWAYJohannis Winar menjadi pelatih baru timnas basket putra Indonesia. Pelatih yang akrab disapa Ahang itu menggantikan Milos Pejic. Keputusan tersebut diambil PP Perbasi menjelang windows kedua Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada pelatih lokal untuk menangani timnas setelah selesainya kebersamaan dengan Coach Toro (Rajko Toroman) dan Milos Pejic,” kata Manajer Timnas Rony Gunawan.

Kerja sama timnas dengan Pejic sudah berakhir. Mereka memilih pelatih lokal kali ini. Sebab, timnas ditangani pelatih asing sejak 2018. Sebelumnya ada Rajko Toroman yang memimpin Tim Merah Putih pada 2019-2022.

“Pilihan ke Coach Ahang sebagai pelatih kepala juga karena sudah lama bersama Coach Toro maupun Milos. Tentu kami percaya beliau banyak mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan di timnas,” lanjut Rony.

BACA JUGA:Cliffton Wijaya, Skuad Tim Peraih Emas Basket Putra di ASEAN School Games 2024: Tak Menyerah meski Sempat Kalah

BACA JUGA:Transformasi Bisma Sabda: Pelatih DBL All-Star yang Belajar dari Para Maestro Basket AS

Pemilihan Ahang tidak lepas dari prestasi dan keterlibatannya di timnas dan liga. Ahang menjadi asisten pelatih Toroman dan Pejic. Ahang juga berhasil membawa Pelita Jaya Bakrie Jakarta menjadi juara IBL 2024 dan All Indonesian 2024.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. saya akan berusaha semaksimal saya bisa untuk kasih yang terbaik,” kata Ahang.

Ahang akan ditemani tiga asisten pelatih. Mereka adalah Youbel Sondakh, Antonius Ferry Rinaldo, dan Tondi Raja Syailendra. Pemusatan latihan akan dimulai Senin, 28 Oktober 2024 dengan 18 pemain.

Ahang menjadi pelatih lokal pertama yang menangani timnas setelah enam tahun. Sebelumnya ada Fictor Gideon Roring yang memimpin Indonesia di Asian Games 2018.

Indonesia pernah dibesut oleh Toroman untuk Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Tetapi Toroman dipecat beberapa hari menjelang FIBA Asia Cup 2022. Pejic sendiri mengantar Indonesia meraih emas SEA Games 2021 dengan Toroman sebagai direktur teknik.

BACA JUGA:DBL Seri Surabaya Digelar, KONI-Perbasi Kirim Pujian

BACA JUGA:Ketum Perbasi Danny Kosasih Buka The Lion Best Youth Tournament 2023

Windows kedua Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 menjadi tugas pertama Ahang sebagai pelatih kepala. Indonesia akan bertandang ke Korea Selatan pada 21 November 2024. Kemudian menjamu Thailand di Indonesia Arena, Jakarta pada 24 November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: