TikTok dan Instagram Menjadi Pengganti Google Bagi Gen Z

Banyak dari konten tersebut tidak disertai sumber yang jelas, bahkan kadang didasarkan pada pengalaman pribadi yang belum tentu relevan untuk semua orang. --iStock
HARIAN DISWAY - Media sosial seperti TikTok dan Instagram awalnya diciptakan bukan sebagai pengganti Google. Tingkat popularitas kedua Media sosial tersebut semakin meroket hari demi hari.
Banyaknya konten yang diunggah setiap harinya, membuat TikTok dan Instagram memiliki informasi yang lebih up-to-date yang disajikan dengan bentuk visual yang menarik membuatnya menjadi pilihan banyak Gen Z.
Sejak ditemukan pada 4 September 1998, pusat pencarian berbasis website adalah Google. Namun, setelah lebih dari 2 dekade, akankah Google tergantikan?
BACA JUGA: Gemini Hadir di Wear OS, Google Assistant Segera Pensiun?
Tergesernya Google
Google telah menyadari bahwa TikTok mulai menjadi saingannya sebagai search engine. Prabhakar Raghavan, kepala teknologi di Google, menyampaikan hasil penelitian tentang tren pengguna.
Ditemukan bahwa sekitar 40 persen generasi muda membuka TikTok atau Instagram untuk mencari tempat makan siang, alih-alih mencarinya di Google atau di Google Maps.
Dunia maya bergerak dan bertransformasi semakin cepat. Meningkatnya TikTok dan Instagram sebagai alat pencarian juga merupakan bagian dari transformasi mesin telusur digital.
BACA JUGA: Apakah Era Google Akan Berakhir?
Meskipun Google masih digunakan untuk mencari hal-hal umum dan evergreen, Instagram menjadi acuan utama bagi Gen Z untuk tren dan gaya hidup paling terkini.
Sedangkan aplikasi e-commerce menjadi pilihan untuk mencari suatu produk baru, meskipun pengguna tidak memiliki niat untuk membelinya saat itu juga.
Alasan Mengapa Gen Z Beralih
Melakukan pencarian di TikTok dan Instagram jeuh lebih interaktif daripada melakukan pencarian di Google. Jika di Google mereka disajikan teks yang harus dibaca, dan foto sebagai keterangan.
BACA JUGA: Perbedaan Gaya Konsumsi Media: TikTok bagi Gen Z, Instagram bagi Milenial
Ketika mereka mencari sebuah rekomendasi atau sebuah tren di TikTok atau Instagram, mereka akan menemukan apa yang mereka cari dari konten video berdurasi 15 detik hingga beberapa menit.
Instagram menyediakan konten video yang bisa pengguna cari di search bar dengan mudah.-Gorodenkoff-Getty Images
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: nytimes