Manado Marketing Festival 2025, Strategi Pemasaran Berkelanjutan, Kunci Sulut sebagai Gerbang Indonesia Timur

Manado Marketing Festival 2025, Strategi Pemasaran Berkelanjutan, Kunci Sulut sebagai Gerbang Indonesia Timur

Hari kedua Manado Marketing Festival (MMF) 2025 sukses digelar, soroti kolaborasi pemerintah dan bisnis untuk adopsi AI sebagai kunci kemajuan Sulawesi Utara-dok. istimewa-

Tujuan tak lain adalah untuk menciptakan layanan yang lebih aman, relevan, dan personal bagi masyarakat Sulawesi Utara.

Sedangkan dari sisi ritel, Marketing Manager FreshMart Lenny Suparti menjelaskan pemanfaatan CRM berbasis data sebagai "intelligence engine".

BACA JUGA:NZE Sebagai Strategi Utama PERTAMINA untuk Ketahanan Energi Nasional

Fungsinya, untuk memprediksi perilaku pelanggan dan menghadirkan interaksi yang tepat sasaran. Dengan fokus pada relasi jangka panjang alih-alih sekadar transaksi.

Manager UP3 Manado PLN UID Suluttenggo Revi Aldrian juga tak ketinggalan membagikan pengalamannya.

Ia memaparkan bagaimana transformasi digital PLN melalui AI pada aplikasi PLN Mobile dan teknologi berbasis drone untuk meningkatkan efisiensi operasional.

BACA JUGA:BRI Luncurkan Lima Inisiatif Strategis, Komisi XI DPR RI Beri Dukungan Penuh

Sementara itu, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil V Manado Pratikno membagikan bagaimana transformasi digital Pegadaian dengan ekosistem emas terintegrasi dapat memperluas akses dan mendorong inklusivitas keuangan.

Vice President of Operations and Marketing PT Samudra Mandiri Sentosa (SMS) Abrizal Ang menjelaskan penggunaan AI untuk memprediksi lokasi tangkapan dan mengoptimalkan operasi di tengah fluktuasi harga.

Sedangkan dari perspektif kewirausahaan, Project Officer Diplomat Success Challenge & Founder Impala Network Muhammad Pradytio mengingatkan bahwa persaingan modern tidak lagi hanya mengandalkan harga.

BACA JUGA:Pertamina NRE Perkuat Peran Strategis dalam Proyek Ekosistem Baterai Listrik, Diresmikan Presiden Prabowo

Konsumen kini mencari pengalaman dan nilai emosional. Sehingga merek harus dapat menghadirkan keunikan.

Selain sesi diskusi yang inspiratif, acara itu juga dimeriahkan dengan penganugerahan berbagai penghargaan.

Di antaranya, Industry Marketing Champion 2025 Sulawesi Utara, Corporate EM for Impact 2025, dan Public Service Awards 2025.

BACA JUGA:Ekspansi ke Jatim, VinFast Hadir di IIMS Surabaya dengan Strategi Inovatif dan Produk Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: