Mengenal Beragam Divisi dalam Organisasi, Pilih yang Paling Sesuai dengan Kepribadian Anda

Mengenal Beragam Divisi dalam Organisasi, Pilih yang Paling Sesuai dengan Kepribadian Anda

Berbagai divisi dalam organisasi bersinergi untuk mewujudkan satu visi yang sama.-Freepik-

Divisi itu berfokus pada pengembangan sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi. Di situ, Anda bisa belajar membina hubungan antaranggota, menciptakan suasana kerja yang positif, dan memperkuat rasa kebersamaan. Hingga menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja anggota.

2. Divisi Acara atau Event Organizer

Tempat yang tepat bagi Anda yang suka tantangan dan berpikir cepat. Divisi itu mengajarkan cara menyusun konsep kegiatan, mengatur waktu, memikirkan segala hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan acara. Dan harus selalu siap bekerja di bawah tekanan.

3. Divisi Humas (Hubungan Masyarakat)


ILUSTRASI fungsi divisi humas. Membangun Komunikasi yang Harmonis-pixabay/@geralt-

Divisi Humas berperan aktif dalam menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar. Anda bisa belajar public speaking, menulis siaran pers, hingga membangun citra positif lembaga yang Anda pegang.

BACA JUGA:Pelestarian Batik melalui Lomba Fashion Show dan Lelang Batik dalam Peresmian Organisasi ISIK

4. Divisi Dana dan Usaha

Divisi yang biasa disingkat "Danus" dapat melatih kemampuan negosiasi, perencanaan, dan manajemen keuangan. Anda akan belajar mencari sponsor, mengatur anggaran, dan memastikan kegiatan berjalan lancar.

5. Divisi Dokumentasi dan Media


Ilustrasi kamera menjadi salah satu item pendukung yang digunakan oleh tim dalam divisi dokumentasi dan media. --Pinterest

Sangat cocok bagi Anda yang tertarik pada dunia kreatif. Divisi itu melatih kemampuan desain, fotografi, menulis konten, hingga membangun identitas visual organisasi.

Menjadi bagian dari organisasi bukan hanya tentang jabatan atau masa bakti. Yang lebih penting adalah prosesnya. Yakni dapat belajar memahami, mendengar, dan tumbuh bersama orang lain. Saling membantu mewujudkan visi bersama dengan keahlian masing-masing.

BACA JUGA:Mantapkan Materi Organisasi dan Leadership Buat Semifinalis Koko Cici Jatim 2024, Begini Pesan Hana Natalia

Organisasi melatih Anda untuk berpikir strategis, bekerja dengan empati, dan memimpin dengan integritas. Pun, di balik setiap rapat, proposal, serta kegiatan yang dijalankan, Anda sedang membangun fondasi penting menuju dunia profesional yang sesungguhnya. (*)

*) Mahasiswa magang dari Prodi Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: