Menjadikan Kampus Berdampak sebagai Lokomotif Ekonomi
 
                                    ILUSTRASI Menjadikan Kampus Berdampak sebagai Lokomotif Ekonomi.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-
Indonesia sebenarnya memiliki cerita sukses meski belum sekuat contoh internasional. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, berhasil mengembangkan kapal listrik ramah lingkungan.
BACA JUGA:Transformasi UTM Menuju Standardisasi Kampus Global: Tantangan dan Aksi Strategis 2025
BACA JUGA:Lompatan Riset Kampus LPTKNI
IPB University (Institut Pertanian Bogor) membangun technopark pertanian yang menjadi penghubung antara riset, petani, dan pasar.
Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, mengembangkan inkubator bisnis dan teknologi (IBT) yang melahirkan banyak startup berbasis riset mahasiswa dan dosen.
Tiga contoh itu menunjukkan bahwa kampus Indonesia mampu berdampak nyata asalkan ada dukungan kelembagaan, dana, dan jejaring industri.
BACA JUGA:Aktivisme Baru dan Demokrasi Kampus
BACA JUGA:Kampus Merdeka dari Aksi Perundungan
DOSEN SEBAGAI AGEN PERUBAHAN
Pertanyaannya, siapa yang akan menjadi motor utama penggerak perubahan itu? Jawabannya adalah dosen. Dosen memiliki tiga tugas utama: pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Namun, jika kampus ingin menjadi lokomotif ekonomi, peran penelitian dan pengabdian harus dijabarkan terperinci dengan target menghasilkan inovasi yang berdampak langsung pada masyarakat dan industri.
Sayangnya, di Indonesia masih banyak kendala. Banyak dosen yang tidak memiliki keahlian berwirausaha. Mereka mungkin unggul dalam metodologi penelitian, tetapi gagap ketika diminta menyusun model bisnis atau mencari pasar.
BACA JUGA:Empati terhadap Korban Kekerasan Seksual di Kampus
BACA JUGA:Gerakan Tolak Kelas Online di Kampusku
Apalagi, realitas gaji dosen (terutama di perguruan tinggi swasta) masih jauh dari memadai. Tidak sedikit dosen swasta yang harus mengajar di beberapa kampus sekaligus untuk mencukupi kebutuhan hidup.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber:
 
                         
                                 
                                 
                                 
                                 
                                 
                                     
                                     
                                     
                                     
                                     
                                                 
                                                 
                                                 
                                                