6 Bahaya Multitasking Bagi Kesehatan Mental dan Performa Kerja

6 Bahaya Multitasking Bagi Kesehatan Mental dan Performa Kerja

Ilustrasi aktivitas multitasking, di mana seseorang menangani beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan--freepik.com


Untuk menghindari multitasking, cobalah membuat to-do list atau menyusun prioritas pekerjaan--freepik.com

Agar terhindar dari dampak negatif multitasking, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan.

BACA JUGA: Membantu Pekerjaan Rumah Bersama Pasangan Bisa Bikin Makin Romantis

BACA JUGA: 5 Pekerjaan yang Bakal Hilang di Era Society 5.0

1. Buat Prioritas dan Set To Do List 

Buatlah to do list atau daftar pekerjaan yang akan dilakukan dalam sehari. Yakni dengan menentukan prioritas pekerjaan berdasarkan tingkat urgensinya. 

Fokuslah mengerjakan satu persatu tugas atau pekerjaan dari yang paling penting. Baru kemudian beralih ke tugas lainnya jika telah selesai. 

Strategi itu dapat meningkatkan efisiensi waktu. Sekaligus mampu mengurangi beban dan tekanan kerja. 

2. Istirahat di Tiap Sesi

Melakukan pekerjaan secara terus menerus dapat menyebabkan kelelahan fisik dan otak. Itu bisa berpengaruh pada produktivitas saat melakukan pekerjaan. 

BACA JUGA: Tak Kunjung Dapat Pekerjaan Jadi Tekanan Sosial buat Fresh Graduate, Apa Solusinya?

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Pagi Produktif sebelum Kerja Dimulai

Sehingga, pastikan untuk mengambil istirahat atau jeda singkat sekitar 5-10 menit untuk memulihkan otak dan meredakan stres atau tekanan akibat pekerjaan. 

3. Hindari Distraksi

Fokus dalam satu pekerjaan atau satu tugas memang tidak mudah. Apalagi adanya gangguan atau distraksi, misalnya dari smartphone. Distraksi tersebut mampu memecah konsentrasi.

Maka, cobalah untuk mengurangi gangguan di sekitar. Misalnya, mematikan notifikasi, mengatur ponsel jadi mode hening, atau berada ditempat yang tenang dan jauh dari keramaian. 

4. Mengatur Manajemen Waktu

Tip-tip di atas tidak akan efektif jika seseorang masih memiliki manajemen waktu yang buruk. Maka, buatlah jadwal yang tepat kapan harus memulai pekerjaan dan berhenti bekerja. 

BACA JUGA: 9 Kebiasaan dalam Dunia Kerja yang Membuat Anda Terlihat Tidak Profesional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: