Sukses sebelum 30: Cleya Beauty Usung Skincare-Powered Makeup, Perkuat Strategi Digital bersama Shopee

Sukses sebelum 30: Cleya Beauty Usung Skincare-Powered Makeup, Perkuat Strategi Digital bersama Shopee

CLAUDIA NOVIRA, founder Cleya Beauty, terbantu Shopee Live untuk pasarkan produk.--shopee

HARIAN DISWAY - Kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan diri dan ekspresi personal terus meningkat. Tak heran, brand kecantikan lokal bermunculan mengusung inovasi yang relevan dengan kebutuhan kulit. Mulai dari pembaruan bahan yang digunakan hingga formulasi yang disesuaikan. 

Filosofi pun ikut berkembang, mencerminkan nilai inklusivitas dan keberagaman. Salah satu kisah inspiratif datang dari Cleyà Beauty, brand lokal yang didirikan oleh Claudia Novira. Semua bermula 6 tahun lalu, saat usia Claudia masih 22 tahun. 

Cleyà Beauty hadir dengan konsep skincare-powered makeup, produk yang tidak hanya mempercantik dari luar, tetapi juga menutrisi kulit dari dalam dan memberikan kepercayaan diri bagi penggunanya. Claudia berhasil membawa bisnis makeup ke jangkauan yang lebih luas, salah satunya melalui strategi pemasaran digital Shopee.

“Bisnis ini lahir dari kamar kecil di rumah, berangkat dari impian sederhana untuk membuat perempuan merasa cukup dengan dirinya sendiri,” ungkap Claudia, founder Cleya Beauty.

BACA JUGA:Juri Tak Main-main: 60 Detik yang Mengubah Jalan Hidup Para Finalis Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas Episode 5

BACA JUGA:Perkuat Ekonomi Kreatif dan UMKM, Shopee dan Meta Luncurkan Fitur Belanja Langsung dari Facebook

Dia menambahkan bahwa sejak awal, Cleyà Beauty dirancang untuk menjadi brand yang meredefinisi standar kecantikan. “Cantik itu nggak harus putih, tinggi, atau punya fitur tertentu. Cantik itu ketika kita nyaman jadi diri sendiri,” tegasnya. 

Claudia membangun Cleyà Beauty dari nol. Waktu itu, timnya hanya terdiri dari tiga orang yang berperan sebagai admin, sosial media, dan dirinya sendiri. Dia terlibat langsung dalam semua proses. 

“Aku emang ngerjain banyak hal sendiri, mulai dari riset formula, ngatur konsep packaging bareng designer, ide campaign, sampai jualan online. Shopee jadi platform pertama yang kami pilih untuk jualan. Sampai sekarang penjualan Cleyà Beauty memang datang dari Shopee,” terang Claudia. 

“Lewat Shopee, aku bisa langsung terhubung dengan konsumen. Aku melihat langsung respons dan review mereka, Pelan-pelan membangun kepercayaan yang akhirnya tumbuh jadi komunitas Cleyà Cliquè,“ tambah Claudia.

BACA JUGA:Mahorahora Berdayakan Petani Gula Aren Lokal, Optimalkan Transformasi Digital melalui Shopee

BACA JUGA:Jadi yang Pertama Miliki iPhone 17 Series, Pre-Order di Shopee Sekarang, Nikmati Promo Terbaiknya!

Kecintaan Claudia pada dunia kecantikan sudah tumbuh dari lama. Sejak remaja, dia gemar mencoba berbagai produk makeup dan skincare.

Bukan semata karena tren, tetapi karena rasa ingin tahu terhadap bagaimana keduanya bisa bekerja bersama untuk menyempurnakan tampilan dan membuat seseorang merasa lebih percaya diri. 

Dari ketertarikan itu, lahirlah keinginan besar untuk menciptakan sesuatu yang lebih bermakna, yaitu produk yang bukan hanya mempercantik, tetapi juga membantu orang mengekspresikan diri dan merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

“Dulu aku mulai belajar makeup karena ingin tampil lebih cantik dan lebih rapi. Tapi seiring waktu, aku sadar kalau kulit yang sehat justru bikin makeup terlihat lebih bagus,” ujarnya. 

BACA JUGA:Drama, Kisah Haru, dan Inovasi Mewarnai Episode Perdana Kompetisi Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas

BACA JUGA:Shopee x Vidio Hadirkan Fitur Vidio Shopping, Kini Belanja Bisa Sambil Nonton K-Drama

Pemahaman itu membuatnya yakin bahwa skincare dan makeup tidak bisa dipisahkan, keduanya saling melengkapi. Jadi, kenapa nggak bikin produk yang bisa melakukan keduanya sekaligus? 

That’s how the idea of skincare-powered makeup was born. Clean products with effective formulas that work with your skin, not against it,” ujar Claudia.

Keunikan Cleyà terletak pada fokusnya terhadap skincare-powered makeup serta komunitas yang percaya bahwa inner beauty is what matters most. Bagi Claudia, Cleyà tidak sekadar menjual makeup, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri, kenyamanan, dan ekspresi diri. 

Melalui Cleyà Clique, Claudia membangun hubungan yang genuine dengan konsumen, tidak sekedar transaksi saja. “Mereka menjadi bagian dari perjalanan kami sebagai brand. Mulai dari mengikuti aktivasi, campaign bahkan ide-ide baru,” lanjut Claudia.

BACA JUGA:Shopee Luncurkan Reality Show Jagoan UMKM Naik Kelas dengan Hadiah Modal Usaha Rp1 Miliar

BACA JUGA:4 Trik Rahasia Belanja Hemat Akhir Bulan dengan ShopeeVIP

Titik balik terbesar bagi Cleyà Beauty datang ketika resmi bergabung dengan Shopee pada 2021. Melalui Shopee, Claudia menemukan ruang untuk menumbuhkan brand-nya secara digital dan menjangkau lebih banyak konsumen di berbagai daerah.

Dengan mengoptimalkan berbagai fitur hingga kampanye di Shopee, Claudia mengaku dapat melihat dampak positif yang signifikan dalam perkembangan bisnisnya. Salah satunya terlihat dari peningkatan penjualan Cleyà Beauty hingga 6 kali lipat pada puncak kampanye Big Ramadan Sale dibandingkan dengan hari biasa.

“Lewat Shopee Live, tim kami bisa berinteraksi langsung dengan pembeli — menjelaskan manfaat produk, memperlihatkan tekstur secara real-time, dan mendengar feedback mereka secara jujur,” jelasnya.

Shopee Live juga membantu Cleyà Beauty memperkenalkan produk dengan cara yang lebih dekat dan autentik, sehingga konsumen bisa benar-benar mengenal produk sebelum membeli.

BACA JUGA:Iklan Kolaborasi Shopee X Hearts2Hearts Sukses Besar, Lirik Indonesia Bikin Semakin Dekat dengan Fans Lokal

BACA JUGA:Keren Banget, Pesona Hearts2Hearts di Iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day Bikin Jatuh Hati!

Selain itu, fitur seperti Shopee Affiliate Program juga membuka peluang bagi Cleyà Beauty untuk menjangkau audiens yang lebih luas lewat kolaborasi dengan kreator lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: