Clair Obscur: Expedition 33 Ditetapkan jadi Game Of The Year 2025, Sabet 13 Nominasi Sekaligus

Clair Obscur: Expedition 33 Ditetapkan jadi Game Of The Year 2025, Sabet 13 Nominasi Sekaligus

Rekor besar! Clair Obscur: Expedition 33 berhasil sabet 9 nominasi di The Game Awards 2025. --Dualshockers

HARIAN DISWAYClair Obscur: Expedition 33 mencatat sejarah di pentas The Game Awards 2025Untuk sekelas pengembang baru, game Clair Obscur: Expedition 33 adalah fenomena karena berhasil menyabet gelar prestisius Game of The Year (GOTY) untuk tahun 2025. 

Kabar ini menempatkan permainan indie bikinan studio Sandfall Interactive di pusat perhatian industri, sekaligus memicu perdebatan luas tentang pendewasaan selera publik terhadap game bertema naratif dan artistik. Dan untuk pertama kalinya juga Clair Obscur: Expedition 33 menjadigame indie yang berhasil mengantongi 9 nominasi.

Pencapaian itu juga jadi jumlah tertinggi yang pernah diraih judul tunggal dalam sejarah acara penghargaan tersebut. Yang membuat tim pengembang di bawah pimpinan Guillaume Broche, mantan sutradara kreatif Ubisoft menang besar. 

Kesuksesan komersial dan kritis permainan ini tercermin dalam penjualan lebih dari dua juta kopi sejak peluncuran. Bahkan sebelum gelaran The Game Awards 2025 mereka berhasil menyabet tujuh kategori di The Golden Joystick.

BACA JUGA:Clair Obscur: Expedition 33, Balas Dendam Epik Mantan Pegawai Ubisoft

BACA JUGA:Clair Obscur: Expedition 33 Raih The Ultimate GOTY di Ajang Golden Joystick Awards 2025, Dijagokan Jadi Game of The Year


Clair Obscur: Expedition 33 meraih Ultimate Game of The Year di Golden Joystick Awards 2025. --BBC

Pasca penghargaan di Golde Joystick, Clair Obscur: Expedition 33 masuk nominasi The Game Awards 2025. Tidak tanggung-tanggung Clair Obscur dinominasikan dalam 13 kategori utama sekaligus. yakni Game of the Year, Best Narrative, Best Art Direction, Best Score, Best Indie Game, dan sejumlah kategori akting suara. 

Dan 9 di antara 13 nominasi itu berhasil dimenangkan pada malam penghargaan pada Jumat dini hari waktu Indonesia bagian barat, 12 Desember 2025. Keberhasilan itu mengubah arah pandang industri. Kemenangan Clair Obscur adalah bukti game indie mampu menyaingi raksasa AAA (game berbajet besar) dalam aspek narasi, estetika, dan produksi musik.

Fakta menarik yang mengiringi perjalanan Clair Obscur juga memperkaya cerita suksesnya. Proyek ini bermula sebagai demo kecil bertajuk We Lost pada 2020.

Yang kemudian berkembang berkat dukungan komunitas daring dan kolaborasi lintas disiplin. Proses kreatifnya menempatkan pengalaman emosional dan keterbatasan sumber daya sebagai kekuatan. Lewat tim kecil itu, Sandfall Interactive memaksimalkan narasi personal hingga melahirkan karya yang luar biasa.

BACA JUGA:Nominasi Game of The Year Disikat Game-Game Indie, Kemana Studio-Studio Besar?

BACA JUGA:Prediksi GOTY Untuk The Game Awards 2025: Tahun Ketika Game Indie Mengguncang Dunia

Selain sorotan nominasi, diskusi publik juga menyentuh soal status indie permainan ini. Beberapa pengamat menggarisbawahi keterlibatan penerbit besar Kepler Interactive dalam distribusi. Sebuah fakta yang memantik perdebatan tentang apa yang seharusnya disebut produk indie di era kemitraan penerbit‑studio saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: