Heboh HYBE Beli Saham SM Entertainment, Tenang, Idol Kita Tak Akan Terpengaruh!

Senin 13-02-2023,10:30 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

Ditambah 3 persen royalti dari seluruh keuntungan perusahaan (dari berbagai sektor) hingga 2025. Royalti disalurkan ke perusahaan pribadinya yang bernama Like Planning.

Itu artinya, tanpa berbuat apa-apa pun, Lee Soo-man bisa mendapatkan minimal Rp 958,2 miliar per tahun selama 70 tahun ke depan. Nah, klausul-klausul itulah yang oleh HYBE akan dihapuskan.


HEBOH HYBE beli saham SM Entertainment, tenang, idol kita tak akan terpengaruh! Foto: Lee Soo Man (tengah) bersama member SuperM.-SM Entertainment -

"Di tengah pembicaraan, klausul tentang program royalti untuk Lee Soo-man akan dihentikan. Sebagai cara kami untuk menunjukkan komitmen terhadap tata kelola perusahaan yang baik,’’ begitu pernyataan HYBE. ’’Lee Soo-man sudah setuju," lanjutnya.

BACA JUGA:Mengenal RIIZE, Boy Group Baru SM Entertainment yang Debut Bulan Depan

Dengan begini, Lee Soo Man bisa meninggalkan SM tanpa beban apa-apa. Ia memang kehilangan royalti yang menjamin kehidupan anak cucunya sampai tujuh turunan.

Namun, ia dipastikan tidak akan mengalami komplikasi hukum. Kecuali, SM mempermasalahkan aliran dana ke Like Planning tahun-tahun sebelumnya dengan tuduhan penggelapan.

Mengubah Wajah K-Pop?

Apa yang terjadi antara Lee Soo-man dengan keponakannya, mari kita abaikan. Yang perlu dicermati, apakah kolaborasi antara HYBE dengan SM itu berkah buat industri K-pop? Atau justru kutukan?

BACA JUGA:RIIZE, Boy Group Baru SM Entertainment Umumkan Nama Fandom, Fans: Ayo Tumbuh Bersama!

BACA JUGA:Buntut Gugatan EXO CBX, SM Entertainment Akhirnya Nongol

Sebagian orang menyebut bahwa kolaborasi itu akan membawa K-pop ke level yang lebih tinggi. Sementara sebagian lagi khawatir aksi itu mengarah ke oligopoli. Dan membuat K-pop menjadi semakin seragam.


HEBOH HYBE beli saham SM Entertainment, tenang, idol kita tak akan terpengaruh! Foto: Lee Sung Soo, keponakan Lee Soo Man yang kini jadi CEO SM.-Korea Times-

"Kerja sama itu win-win solution buat dua pihak (HYBE dan SM, Red). Dan akan meningkatkan perkembangan K-pop di level global," yakin Kim Jin Woo, profesor bisnis musik di Seoul Institute of the Arts kepada Korea Times.

"Berkat keberhasilan BTS, yang berhasil menembus nominasi Grammy (yang belum pernah dicapai grup K-pop sebelumnya), HYBE memiliki akses terhadap jaringan pasar musik global," ia menjelaskan.

"Kalau potensi ini dieksplorasi secara benar oleh artis-artis top SM seperti NCT, mereka akan menciptakan sinergi yang memperbesar porsi kue keuntungan di pasar internasional," paparnya.

Kategori :