Heboh HYBE Beli Saham SM Entertainment, Tenang, Idol Kita Tak Akan Terpengaruh!

Senin 13-02-2023,10:30 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Lee Soo Man sedang berada di luar negeri ketika ia mendengar kabar mengagetkan. Keponakannya sendiri, Lee Sung Soo, yang menjabat sebagai CEO SM Entertainment, mengumumkan bahwa manajemen artis raksasa itu bakal meluncurkan program SM 3.0. Yang salah satu rencananya adalah mendepak Lee Soo Man dari jajaran direksi SM.

Beberapa hari setelah pengumuman itu, Kakao membeli 9,05 persen saham SM. Menjadikannya sebagai pemegang saham tertinggi kedua setelah Lee Soo Man. Yang saat itu masih memiliki 18,46 persen saham. Bagai tersambar petir, Lee Soo Man bergegas pulang ke Korea.

Ia menegaskan bahwa pembelian saham oleh Kakao itu ilegal. Karena tidak berkonsultasi dulu dengan pemegang saham mayoritas (yaitu dirinya). Pada Kamis, 9 Februari 2023, pebisnis 70 tahun yang merupakan pendiri SM itu melayangkan gugatan terhadap SM dan Kakao.

BACA JUGA:Sehun EXO Dirumorkan Punya Pacar Sedang Hamil, SM Entertainment Membantah

Sehari kemudian, Jumat, 10 Februari 2023, HYBE membuat pengumuman yang lebih mencengangkan lagi. Perusahaan raksasa tersebut membeli saham milik Lee Soo-man sebanyak 14,8 persen. Nilainya mencapai KRW 422,8 miliar. Setara dengan Rp 5,06 triliun.


HEBOH HYBE beli saham SM Entertainment, tenang, idol kita tak akan terpengaruh! Foto: Bang Si Hyuk, bos HYBE, berpidato di sebuah forum. -AFP-

"Mantan chief producer SM Lee Soo Man setuju untuk secara aktif bekerja sama merestrukturisasi bisnis dan manajemen perusahaan sesuai dengan framework HYBE," begitu pernyataan Bang Si Hyuk, chairman HYBE, seperti dikutip Dispatch.

Exit Strategy

Fans memandang koalisi ini sebagai kiat Lee Soo-man untuk melawan keponakannya dan Kakao. Lee Soo Man diketahui berteman baik dengan Bang Si-hyuk, founder HYBE. Mereka sama-sama lulusan Seoul National University.

BACA JUGA:SM Entertainment Janjikan Keseruan di Duet Taeyong NCT dan Wendy Red Velvet

BACA JUGA:Dirumorkan Comeback, Trio EXO Malah Gugat SM Entertainment Perihal Transparansi Gaji

Namun, sebenarnya bukan itu. Lee Soo Man justru menggunakan masuknya HYBE sebagai taktik untuk kabur dari SM. Karena, kewenangannya di SM sedang dilucuti.

Selama ini, Lee Soo Man bagaikan dewa. Ia memang menjalankan perusahaan dengan sepenuh hati, hingga SM jadi sebesar sekarang. Namun, ia juga melakukan aksi-aksi yang merugikan perusahaan.

Misalnya, dalam kontraknya dengan SM, ada klausul yang menyebutkan bahwa ia menerima 6 persen royalti dari keuntungan perusahaan yang didapat dari musik selama 2022 hingga 2092.

BACA JUGA:Buntut Gugatan EXO CBX, SM Entertainment Akhirnya Nongol

Kategori :