Siapa yang Belum Nonton Film Ketika Berhenti di Sini? Ini Jalan Ceritanya

Minggu 20-08-2023,14:55 WIB
Reporter : Nesa Alfi
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAYKetika Berhenti di Sini bercerita tentang seorang perempuan bernama Dita seorang desainer grafis yang menyalahkan dirinya atas kematian ayahnya yang terkena kanker karena harus menggunakan uang berobatnya untuk biaya kuliah.

Dita mempunyai 3 sahabat sejak SMA salah satunya adalah Efan. Pada 2017 Dita bertemu seorang pria bernama Ed seorang arsitek di tempat service Mang Ijul. Di situ sempat terjadi kesalahpahaman tapi berujung dengan percakapan yang hangat. Membuat mereka merasa cocok dan menjadi hubungan.

Setelah 4 tahun hubungan mereka berlangsung, Dita merasa hubungan mereka hampa tidak seperti di awal-awal tahun. Hal itu membuat mereka cekcok hingga Ed pergi meninggalkan Dita di pinggir jalan. Dita yang merasa kesal menemui sahabatnya Efan di bar.

BACA JUGA: Park Seo-joon Perankan Pelatih Sepak Bola Homeless di Film Dream, Ini Sinopsisnya

Di sisi lain, Ed pulang menemui omanya dan menceritakan apa yang terjadi pada hubungan mereka. Ed menyesal atas perbuatannya yang meninggalkan Dita begitu saja, ia ingin mencari Dita dan meminta maaf atas tindakannya.

Karena Ed menyetir sambil berusaha menghubungi Dita membuatnya tidak fokus ke jalan. Nahasnya Ed mengalami kecelakaan dan meninggal. Esoknya Dita mendapat telepon dari saudara Ed yang memberi kabar bahwa Ed sudah meninggal.

Hal itu membuat Dita sangat terpukul, ia harus kehilangan orang yang dia sayang untuk kedua kalinya. Dua tahun berlalu, Dita menjalin hubungan dengan Efan. Namun, ia belum bisa sepenuhnya melupakan Ed.

Singkat cerita saat presentasi bersama klien ipad Dita ketumpahan kopi dan terpaksa mengservicekan ipad nya ke Mang Ijul, tempat Dita dan Ed bertemu pertama kali.

Mang ijul yang mendengar kabar Dita mengajaknya untuk bertemu dan memberikan kacamata yang mempunyai Extended Reality (XR) pemberian dari alm Ed. Dita yang mencobanya terkejut karena ia bisa melihat wujud Ed meskipun itu hanya sebuah sistem.

Dita yang sangat senang dengan kehadiran Ed meskipun dalam bentuk Artificial Intelligence ( AI ). Menjalani harinya bersama Ed tanpa sepengetahuan orang-orang terdekatnya hingga dita tidak fokus dengan kehidupan aslinya. Tanpa dia sadari, dia seperti berbicara sendiri di mata orang lain.

Ending-nya, Dita ketahuan Efan bahwa kacamata itu terdapat Ed dalam bentuk Artificial Intelligence (AI) dan meminta mang Ijul untuk men-delete sistemnya. Namun, Dita datang dan marah karna Ed hilang dalam kacamata itu. Akhirnya Dita menyadari bahwa Ed sudah tiada dan harus melupakan Ed.

Dita menemui Oma Ed dan diberikan pesan terakhir dari Ed sebelum meninggal. Yaitu mencari arah timur menuju makam ayahnya yang sedari lama tidak pernah dita temui. Di sana Dita ditemani oleh Efan menangis dan memeluk makam ayahnya. Efan melamar Dita di depan makam ayahnya.

Film Ketika Berhenti di Sini merupakan film yang bergenre romantis. Film dengan durasi 1 jam 50 menit tersebut tayang perdana pada 27 Juli 2023 di bioskop. Disutradarai oleh Umay Shahab setelah film pertamanya berjudul Ku Kira Kau Rumah yang sukses mencapai 2 juta penonton. Fim ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina sebagai Dita, Bryan Domani sebagai Ed, dan Refal Hadi sebagai Efan. (Nesa Alfi)

Kategori :