PassGAN: AI yang Mampu Pecahkan Kata Sandi Kurang dari Satu Menit

Selasa 05-09-2023,03:15 WIB
Reporter : Rachmaddani Rizki Saputra
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - PassGAN jadi salah satu produk AI yang dikembangkan oleh Home Security Heroes. AI ini mampu memecahkan kata sandi dalam kurun waktu kurang dari satu menit.

PassGAN adalah bentuk pengembangan AI dalam metode peretasan sandi yang menggunakan Generative Adversarial Network (GAN).

Alasan utama PassGAN mampu memecahkan kata sandi dengan sangat cepat sekaligus efektif adalah karena kemampuan yang dimilikinya untuk mempelajari kata sandi asli dari banyaknya data yang bocor di publik.

BACA JUGA:Ernie Bot Milik Baidu Resmi Saingi ChatGPT

BACA JUGA:Google Luncurkan Bard, Kecerdasan Buatan Pesaing ChatGPT

Demikian PassGAN dilatih untuk mengidentifikasi distribusi kata sandi sekaligus membuat tebakan yang lebih cepat dan paling akurat.

Uji coba PassGAN menunjukkan bahwa AI ini dapat menjalankan sekitar 15.600.000 kata sandi umum dan memberitahu penggunanya terkait berapa lawam waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan kata sandi yang dimaksud.


data PassGAN yang menunjukkan kurun waktu AI pemecah sandi dalam memecahkan kata sandi dari beragam tingkatan-mpost.io-mpost.io

Metode menebak kata sandi menggunakan AI ini relatif efektif untuk kata sandi yang sederhana dan dapat diprediksi.

Namun teknik ini akan menjadi sangat lamban atau bahkan gagal ketika kode keamanan yang dimasukkan memiliki karakter yang rumit.

Kata sandi dengan panjang lebih dari 18 karakter umumnya aman terhadap peretas, tak terkecuali PassGAN. Sehingga dalam kasus ini PassGAN memerlukan setidaknya 10 bulan untuk memecahkan kata sandi yang hanya berisi angka dan 6 triliun tahun untuk memecahkan kata sandi yang berisi campuran simbol, angka,huruf kecil dan besar, serta tanda khusus seperti tanda penghubung dalam matematika.

BACA JUGA:Elon Musk Bikin Pesaing ChatGPT: xAI, Besok Adakan Pertemuan di Twitter Spaces

BACA JUGA:ChatGPT Masuk ke Dunia Pendidikan, Teknik Pengajaran dan Evaluasi Harus Berubah

Perbedaan utama antara kata sandi yang aman dan yang mudah diretas adalah tergantung kekuatan dan kerumitan dari kata sandi yang dibuat oleh pengguna.

Bahkan industri asal Amerika itu menunjukkan data bahwa sebanyak 51 persen kata sandi diretas dalam waktu kurang dari satu menit, 65 persen kurang dari satu jam, 71 persen dalam sehari, dan 81 persen dalam sebulan.

Hal ini hampir membuat mustahil setiap orang dalam menjaga keamanan kata sandi mereka. Terutama untuk merubah kata sandi tiap satu minggu sekali. (*)

Kategori :