Dispendukcapil Kota Pasuruan Rilis Layanan 'Doa Langit', Tidak Repot Urus Perubahan KTP Setelah Menikah

Kamis 19-10-2023,08:47 WIB
Reporter : Lailiyah Rahmawati
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan merilis inovasi pelayanan publik yang diberi nama Doa Langit. 

Doa Langit adalah kepanjangan dari "Dokumen Kependudukan Langsung Terbit Setelah Pemberkatan Perkawinan." Inovasi program layanan administrasi kependudukan tersebut diluncurkan pada Rabu, 18 Oktober 2023. 

Peluncuran Doa Langit dihadiri langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf dan sejumlah tokoh masyarakat. Inovasi Doa Langit ini menambah sederet inovasi pelayanan publik di Kota Pasuruan.

BACA JUGA:Kemarau Panjang, Polres Ponorogo Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

Doa Langit memberikan kemudahan percepatan kepengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan setelah perkawinan khususnya bagi masyarakat non muslim di Kota Pasuruan.

Pengantin tidak perlu direpotkan mengurus perubahan dokumen perubahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) karena perubahan dokumen tersebut tercatat saat pencatatan perkawinan.

Dokumen kependudukan yang diterbitkan pasca pernikahan terdiri dari KTP-el pihak mempelai pria, KTP-el pihak mempelai perempuan, KK sebagai pasangan baru, KK pihak keluarga pengantin pria, KK pihak pengantin perempuan.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Gus Ipul memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas inovasi “Doa Langit” yang mempermudah masyarakat dalam melengkapi dokumen kependudukan pasca menikah.

BACA JUGA:Gus Amak Bersholawat Bersama 1000 Banjari Marhaban Pasuruan, Ajak Anak-anak Muda Cintai Shalawat Daripada Orkesan

“Terimakasih kepada Dispendukcapil yang terus berinovasi dalam peningkatan layanan-layanannya. Memang, kita perlu untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan publik terbaik yang menjadi program Pemerintah Kota Pasuruan,” ucap Gus Ipul

Gus Ipul menyampaikan peningkatan kinerja Pemerintah dalam memberikan pelayanan publik terus diharapkan oleh masyarakat, Ia meminta untuk dapat memberikan pelayanan yang nyaman, adil, dan tidak diskrimantif.

“Program inovasi 'Doa Langit' ini menjadi salah satu bentuk mewujudkan harmoni warganya, masyarakat akan merasa nyaman, aman dan damai jika kita mampu mewujudkan pelayanan yang baik. Pelayanan kita harus adil, tidak membeda-bedakan dan tidak diskriminatif. Hal ini yang membuat masyrakat dapat guyub rukun,“ ungkapnya.

BACA JUGA:Tekan Stunting Kota Pasuruan, Gus Ipul Gandeng TP PKK

Salah satu yang melatarbelakangi inovasi Doa Langit ini, kata Gus Ipul, berangkat dari permasalahan bahwa masih ada masyarakat yang tidak segera mendaftarkan data/identitas kependudukan sesuai statusnya yang baru usai menikah.

“Inovasi ini perlu lakukan sebab masih ada sebagian warga ini malas dan tidak mengurus data adiministrasi kependukukan, ada yang nikah sampai punya cucu tidak punya surat nikah,” ucap Gus Ipul

Kategori :