Tugu Proklamasi Jadi Saksi, Mahfud MD Sebut Sudah Persiapkan Baju sejak 5 Tahun Lalu

Kamis 19-10-2023,13:00 WIB
Reporter : Salsa Amalia
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Pada Kamis 13 Oktober 2023, pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dijadwalkan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebelum menuju ke KPU RI, Ganjar-Mahfud telah dinanti oleh para Dewan Pimpinan Cabang Partai Politik (DPC) dan para relawan Partai PDI-Perjuangan yang telah berkumpul di kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta.

BACA JUGA: Daftar ke KPU, Mahfud MD: Ada Pesan Tuhan di Kemeja Putih

Lokasi yang berada di Pegangsaan Timur tersebut dipilih pasangan Ganjar-Mahfud untuk berpidato terkait visi dan misi mereka masing-masing dalam mendaftar menjadi capres dan cawapres 2024.

Menurut Mahfud, lokasi tersebut dipilih karena sesuai dengan sejarah bangsa di kala Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta menyatakan proklamasi bangsa Indonesia di tempat bersejarah itu. 

“Bahwa hari ini kita berangkat dari Tugu Proklamasi yaitu satu tempat ketika Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia menyatakan proklamasi kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Penampilan kedua paslon capres-cawapres tersebut menuai sorotan, selain lokasi berkumpul yang dipilih sebelum mendaftar, kombinasi berpakaian dengan warna netral keduanya terlihat sangat unik.

Berbeda dengan paslon capres-cawapres lain yang kompak kenakan kemeja senada berwarna putih lengkap dengan peci hitam.

Ganjar tampak mengenakan kemeja berwarna hitam. Mahfud mengenakan kemeja berwarna putih dan kenakan peci hitam. Perbedaan warna yang digunakan ini membuat keduanya terlihat mencolok dari paslon lain.

Bacawapres sekaligus Menteri Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menkopolhukam, Mahfud MD, membeberkan alasan uniknya gunakan dresscode tersebut.

BACA JUGA: Resmi! Ganjar-Mahfud Daftar Capres-Cawapres

Ia menuturkan bahwa kemeja yang ia kenakan saat ini sebenarnya telah dipersiapkan semenjak 5 tahun lalu saat itu ia menjadi Bacawapres Jokowi di Pemilu 2019 tapi batal.

“Keberangkatan saya pribadi hari ini, saya memakai baju putih yang 5 tahun lalu saya siapkan untuk mendaftar ke KPU,” ungkapnya di Tugu Proklamasi, Kamis 19 Oktober 2023.

Menurutnya, ternyata ada pesan Tuhan di balik baju tersebut. Mahfud menuturkan akhirnya baju tersebut dapat dipakai untuk mendaftar ke KPU RI di Pilpres tahun 2024.

“Ini dulu tidak jadi dipakai meskipun sudah jadi. Tetapi ternyata ada pesan Tuhan di balik baju ini. Ditunda dulu untuk dipakai ke KPU dan hari ini bisa dipakai untuk mendaftar,” katanya.

Kategori :